Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Monev Hard Program Proyek 4in1 Unmul - Capai 99,433%

Sejak dilakukan grounbreaking pada awal September 2018 lalu, project 4in1 IsDB Unmul khususnya dalam bidang hard program yaitu pembangunan tujuh gedung baru, gerbang utama, dan outdoor Learning Space (OLS), kini telah berdiri megah. Progres pembangunan proyek tersebut telah mencapai 99,433% dari target 99,864%. Artinya, dalam beberapa waktu lagi, pembangunan proyek tersebut telah rampung. Gedung-gedung tersebut juga telah dilengkapi dengan berbagai furniture dan fixture di dalamnya. Demikian pula dengan OLS1 yang ada di sekitar gerbang utama dan OLS 2 di depan auditorium, kini terlihat tertata rapi dan indah. 

Keberadaa fasilitas yang dibangun dari dana IsDB (Islamic Development Bank) ini, membuat tim dari Project Implementation Unit (PMU) IsDB terkesan atas progres pembangunan yang dikerjakan oleh PT. NKE ini. Hal tersebut terungkap dari kedatangan tim PMU yang melakukan monitoring dan evaluasi ke semua zona pembangunan di Unmul  pada 13 November 2020. Tim PM yang terdiri dari Suseno Amien (Direktur Eksekutif PMU), Nunung Martina (PIC Procurement), Suprapto (PIC Civil Work), Agung Sudrajat (Direktur eksekutif Untirta, Banten), serta beberapa staf lainnya dari PMU, memulai monitoringnya dari OLS 1 (gerbang utama) dengan ditandai penebaran benih ikan ke kolam buatan yang ada di OLS 1 tersebut.

Selanjutnya, kegiatan monitoring yang didampingi oleh Wakil Rektor IV Unmul, Bohari Yusuf, Direktur Eksekutif PIU Unmul, Mustaid Yusuf, Pantas P. Pardede selaku Staf Khusus Rektor, serta beberapa orang dari tim teknis, PT, NKE, CCM, EqC, PPK, dan lainnya, berlanjut ke gedung Integrated Laboratory (I-Lab) untuk meninjau kualitas struktur gedung hingga fasiltas yang ada di dalamnya, termasuk furniturenya. Kemudian, berlanjut ke WTP (Water Treatment Plant), yaiu fasilitas pengolahan air di Unmul. Hal yang sama juga dilakukan di gedung lainnya, seperti di Gedung Laboratorium Kesehatan Masyarakat, Gedung Laboratorium Farmasi, Gedung ICT dan CSIT hingga ke Gedung SLC (Science Learning Center) serta OLS 1 dan 2. 

Kegiatan Monev ini berlanjut pada sore hari di Hotel Midtown, Samarinda dengan agenda pembahasan progres civil work, hal yang akan dicapai berikut segala kendalanya. Tim PMU juga melakukan sharing progres pembanguan proyek yang sama pada Untirta, Banten, Universitas Negeri Jember, dan di Universitas Negeri Malang. Proyek IsDB di Unmul, diharapkan telah merampungkan seluruh pekerjaan pembangunannya hingga akhir Desember 2020 ini. (Naskah : ag-PIUUnmul, foto : ag-PIUUnmul | hms/rmy)

Website PIU IsDB UNMUL KLIK DISINI

Tanggal : 14 November 2020

Universitas Mulawarman