Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Menyongsong Tahun 2021, UNMUL Sosialisasikan SIMPRES dan SIMKATMAWA

Dalam rangka mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yaitu Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan Indikator Kinerja Utama (IKU) serta meningkatkan kinerja bagian kemahasiswaan, Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan Sosialisasi Sistem Informasi Prestasi Mahasiswa (SIMPRESMAWA) dan Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA).

Dengan protokol kesehatan karena di gelar masih dalam suasana Pandemi COVID-19 penyelenggara membagi kehadiran peserta secara Daring dan peserta yang hadir secara Luring terlebih dahulu melakukan Swab Test di Klinik FK UNMUL. Acara yang bertempat di Hotel Swiss Bell Kota Samarinda, dan melalui aplikasi Zoom Meeting itu berlangsung 2 hingga 5 Desember 2020 dan diikuti para pengelola di unit kerja terkait berdasarkan waktu dan hari yang sudah ditentukan sebelumnya.  

Selain dua orang Staf Khusus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNMUL, Dr. Aditya Irawan.,M.Si serta Dr. Bibit Suhatmady., M.Pd, panitia juga mengundang sebagai narasumber utama, Dr. Parmin., M.Pd yang merupakan salah satu Tim SIMKATMAWA Belmawa Kemendikbud.

“Tantangan implementasi SIMPRESMAWA salah satunya adalah kurangnya dukungan mahasiswa yang tidak memiliki prestasi non akademik. Selain itu tugas kita bersama adalah bagaimana membangun keteraksesan dan implementasi SIMPRESMAWA di UNMUL,” jelas Dr. Aditya Irawan., M.Si dalam paparannya. Meski begitu, diutarakannya berbagai potensi terkait SIMPRESMAWA di UNMUL dapat terlihat pada saat uji coba di beberapa Fakultas yang berjalan dengan baik. UNMUL juga tambahnya, telah melaksanakan pelatihan dan sosialisasi bagi para operator SIMPRESMAWA di tingkat Program Studi atau Fakultas hingga Universitas.    

Tiga topik utama disampaikan Dr. Parmin, sebagai bahan diskusi bersama para peserta yakni tata kelola bidang kemahasiswaan yang berorientasi SIMKATMAWA, temuan review dokumen SIMKATMAWA tahun 2020 serta strategi menyiapkan dokumen tahun 2021.Peran strategis pengelola bidang kemahasiswaan di UNMUL disampaikan Wakil Dekan 3 FMIPA UNNES ini salah satunya adalah publikasi hasil SIMKATMAWA tahun 2020, penyelenggaraan kegiatan dan kompetisi bersama juga optimalisasi Website dan MedSos.

“Strategi menyiapkan dokumen SIMKATMAWA capaian tahun 2020 untuk pemeringkatan tahun 2021 diantaranya penataan dokumen institusi, tim SIMKATMAWA UNMUL juga harus solid dan militan, perlu pula mengoptimalkan karya mahasiswa atau hak ciptaan, juga menyelenggarakan kompetisi dan kegiatan secara Daring,” ungkapnya.

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNMUL, Drs. La Hasan., M.Si mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. (hms/frn)

 

 

 

Tanggal : 05 Desember 2020

Universitas Mulawarman