Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Melalui Bimbingan Teknis Revolusi Mental Bagi Pegawai, ULT UNMUL Bertekad Mencapai Pelayanan Prima

Universitas Mulawarman (UNMUL) memiliki tekad untuk menjadikan UNMUL sebagai Zona Integritas. Tekad ini diwujudkan dengan memberikan pelayanan yang prima dan transparansi administrasi. Untuk mendukung impian Universitas Melawarman (UNMUL) yang baru merayakan Dies Natalis ke-59, maka Unit Layanan Terpadu (ULT) UNMUL yang dibentuk pada bulan Juli 2020 diharapkan menjadi pintu gerbang dalam memberikan Pelayanan Prima bersinergi dengan seluruh unit di Universitas Mulawarman.

Unit Layanan Terpadu Universitas Mulawarman menyelenggarakan Bimbingan Teknis Revolusi Mental bagi Pegawai Front Office dan Back Office di ULT Universitas Mulawarman. Kegiatan tersebut diadakan selama 2 hari dari tanggal 29-30 September 2021 bertempat di gedung I-Lab UNMUL. Kegiatan Bimbingan Teknis Revolusi Mental ini merupakan kerjasama Unit Layanan Terpadu Unmul dengan Puslatbang KDOD LAN RI. 

Acara dibuka Rektor UNMUL yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si. Dalam sambutannya Dr. Bohari menekankan bahwa ULT harus menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan dengan mengedepankan nilai transparansi. Untuk itu dalam pelayanan hal yang harus diperhatikan adalah “Tidak diskriminatif, Tidak Pungli dan Ada Kepastian”. Dalam mendukung keterbukaan dan efisiensi waktu pelayanan maka ULT juga harus bersinergi dengan IT untuk mendorong penggunaan digitalisasi dalam melakukan pelayanan. Satu catatan besar yang diharapkan bisa mendorong optimalisasi ULT adalah ketersediaan Data Center.

Dalam pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Revolusi Mental juga dihadiri oleh Kepala Puslatbang KDOD LAN Kalimantan Timur, narasumber dan juga Staf khusus ULT. Dalam sambutannya Kepala KDOD LAN Kalimantan Timur Dr. Mariman Darto,S.E, M.Si mengapresiasi apa yang dilakukan oleh ULT dengan menggandeng LAN RI.  Langkah ini diharapkan tidak hanya akan berhenti sampai di “level 3” saja tetapi juga dapat dilakukan sampai ke “level 2 bahkan level 1”.  Ditambahkan oleh Dr. Mariman bahwa dalam konsep pelayanan yang harus dicapai adalah trust.

Dalam kegiatan Bimtek Revmen diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari berbagai unit di rektorat seperti Sekretariat Rektor, Sekretariat Wakil-Wakil Rektor, Bagian Akademik, Bagian Kemahasiswaan, Bagian Kepegawaian, Bagian Umum, Bagian Perencanaan dan Bagian Humas, sementara itu dari ULT Unmul sendiri ada 8 orang.  Kegiatan Bimbingan Teknis Revmen yang diadakan oleh ULT meskipun dilakukan secara luring sangat menjaga Protokol Kesehatan mengingat masih masa Pandemi.

Kegiatan Bimtek ini harapannya menjadi langkah strategis para pemberi layanan di lingkungan Universitas Mulawarman untuk mencapai Pelayanan Prima dengan kesadaran dan tanggung jawab kerja yang penuh dari para staf Front Office maupun Back Office. Untuk itu sebagai Kepala Unit Layanan Terpadu (ULT) UNMUL Enny Fathurachmi,S.IP, M.Si bertekad untuk mewujudkan impian UNMUL untuk mencapai Zona Integritas dengan seluruh tim di ULT UNMUL. Optimalisasi pelayanan bagi masyarakat didalam maupun diluar UNMUL dengan bertumpu pada standar pelayanan akan ditingkatkan. Dukungan para pembuat kebijakan di lingkungan Universitas Mulawarman tentunya menjadi kunci dan booster bagi pencapaian tersebut. (EF)

Tanggal : 30 September 2021

Universitas Mulawarman