Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Melalui Model United Nations Mengajak Mahasiswa Melihat Dunia

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mulawarman Model United Nations (MUN) Falultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman (UNMUL) mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Simulasi MUN, Sabtu (14/9).

MUN sendiri merupakan simulasi persidangan ala PBB dengan berbagai model yang diselenggarakan baik ditingkat nasional maupun internasional.  Pada tingkat nasional ada JOIN MUN (Jogja Model United Nations), Parahyangan MUN, Makassar MUN serta masih banyak lagi.  Sementara, ditingkat internasional ada National MUN, AIMUN di Korea Selatan, Stanford MUN di Singapura serta yang tertua adalah Harvard MUN yang awalnya diinisiasi oleh para mahasiswa dari Harvard University Amerika Serikat.

“Mahasiswa program studi hubungan internasional UNMUL telah dua kali mengikuti kegiatan Harvard MUN saat penyelenggaraannya di Roma, Italy pada Maret 2016 dan di Madrid, Spain Maret 2019 lalu.  Animo mahasiswa HI untuk mengikuti kegiatan MUN cukup besar, hal ini terlihat saat kami mengirimkan delegasi baik ditingkat nasional maupun internasional,” ucap Enny Fathurachmi, S.IP, M.Si, Ketua Prodi HI FISIP UNMUL.

Kegiatan yang terselenggara di Ruang Sidang HI ini dibuka secara resmi oleh Dekan FISIP UNMUL, Dr. Muhammad Noor, M.Si. “Saya berharap para peserta simulasi MUN kelak dengan pembekalan MUN juga memiliki kesempatan untuk dapat terlibat pada persidangan yang sesungguhnya. Serta megharumkan nama UNMUL di kancah internasional,” ujarnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembekalan materi mengenai keorganisasian PBB Enny Fathurachmi. Puncaknya adalah simulasi PBB dimana peserta dipandu oleh para alumni MUN yang telah ikut serta dalam pelaksanaan dan memiliki pengalaman di kegiatan MUN baik dalam maupun luar negeri. Peserta telah dibagi menjadi negara-negara untuk memainkan peran dan berdiplomasi akan isu-isu yang banyak menjadi concern PBB seperti persoalan kemanuasiaan, kemiskinan, anak dan perdagangan manusia serta isu HAM.  Dalam simulasi ini diangkat isu mengenai Kebakaran Hutan yang terjadi di Indonesia yang juga memberikan dampak ke negara lain.

“Kedepan acara semacam ini tidak hanya untuk mahasiswa FISIP tetapi akan diperluas pada mahasiswa-mahasiswa dari Fakultas lain. Mengingat bahwa pelaksaan MUN baik dalam maupun lur negeri juga banyak dikut oleh mahasiswa dari Program Studi dan Fakultas lannya,” pungkas Enny yang juga merupakan pembina UKM MUN FISIP UNMUL. (hms/rob)

Tanggal : 16 September 2019

Universitas Mulawarman