Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Masuk 32 Besar Open-Draw, UNMUL Ikuti Penutupan NUDC 2023

Pelaksanaan National University Debating Championship (NUDC) Tingkat Nasional Tahun memasuki babak akhir. Minggu (11/6), digelar babak semifinal dan final bagi peserta yang lolos serta awarding ceremony bagi seluruh delegasi yang hadir di Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang, Banten.

Sementara, tim debat Universitas Mulawarman (UNMUL) harus terhenti langkahnya pada babak Octo Final Open-Draw. Menghadapi Intitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Tadulako  (Untad), dan Universitas Surabaya (Ubaya), UNMUL sebagai Opening Opposition (OO) mengakui kekuatan lawan tandingnya. Pada babak ini para peserta mendapatkan mosi “This house regrets the decision to ban exporting, activities of raw minerals and ingots by the Ministry of Energy and Mineral Resources (Kementerian ESDM).”

Menanggapi hasil ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNMUL, Prof. Dr. H. Moh. Bahzar., M.Si turut memberikan perhatian kepada mahasiswa yang telah berjuang dan bertanding. “Selamat dan sukses kepada seluruh tim yang telah berusaha. Kegagalan akan menjadi guru terbaik untuk lebih maju. InsyaAllah tahun berikutnya kita bisa berhasil, ayo semangat terus untuk UNMUL Hebat,” tuturnya memberikan semangat melalui pesan wahtsapp.

Mewakili tim debat UNMUL, Miftah Farid sebagai salah satu debater mengucapkan terimakasih atas segala dukungan yang telah diberikan pihak kampus serta semua bagian yang terlibat. “Terimakasih kepada bapak rektor, para wakil rektor, serta semua pihak yang tak dapat kami sebutkan satu per satu yang telah mendukung dan membantu kami sampai pada tahap ini,” ujar Miftah.

“Kami baru bisa sampai pada babak 32 besar dari 112 perguruan tinggi yang mengikuti pertandingan skala nasional ini. Semoga perjuangan ini akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya dan mampu meraih hasil yang lebih baik, sekali lagi terimakasih,” pungkasnya.

Untuk diketahui, NUDC 2023 menggunakan format debat parlemen yang menuntut mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, meyakinkan publik, dan membuat judgement. (hms/rob)

Laporan langsung Humas UNMUL, Robby Adhitya, S.I.Kom., M.Sos dari Kampus Untirta Serang, Banten.

Foto : Robby Adhitya

 

Berita terkait:

Optimis Berikan yang Terbaik, Delegasi UNMUL Tampil di NUDC Tingkat Nasional 2023

Tim Debat NUDC UNMUL Masuk Top 48 Open-Draw

UNMUL Raih Juara 2 Hingga Dapat Pembicara Terbaik 1 dan 2 NUDC Tingkat Wilayah

Tanggal : 11 Juni 2023

Universitas Mulawarman