Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Mahasiswa UNMUL Unjuk Kemampuan di Festival Tari Borneo 2023

Menuju penghujung tahun 2023 ini, mahasiswa Universitas Mulawarman unjuk kemampuan di kancah internasional lewat Festival Tari Borneo yang merupakan pagelaran seni yang melibatkan tiga negara yang berada di Pulau Kalimantan yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Tuan rumah pelaksanaan Festival Tari Borneo 2023 adalah Universiti Tun Abdul Razak dan Sidma College di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia yang berlangsung pada 7 – 10 November 2023.

UKM Tari Mulawarman dari UNMUL membawakan dua jenis tarian antara lain adalah Jepen Mahakam sebagai Tarian Tradisional Etnik Borneo dan Umo Wensut sebagai Tarian Kreatif Etnik Borneo. Di wawancara secara terpisah oleh Humas UNMUL, Ismed Rizal yang merupakan koreografer dari kedua tarian tersebut menyebutkan persiapannya sendiri kurang lebih hanya satu setengah bulan saja dan terdapat kendala karena berbagai kesibukkan lainnya. “Secara singkat, dua tarian ini adalah Etnik Borneo dan Persembahan Borneo. Dan ini adalah tugas dan amanah bagi mahasiswa kita (UNMUL) untuk dapat berprestasi di kancah Internasional. Karena di dunia pendidikan, prestasi sangatlah penting.”, jelas Ismed.

Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU juga turut hadir bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Moh. Bahzar, M.Si, Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Aditya, S.Pi., M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof. Dr. M. Bahri Arifin, M.Hum, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Si, Koordinator Kemahasiswaan, Abdul Khadir, S.Kom., M.Si dan Sub Koordinator Hubungan Masyarakat, Sigit Hadi Suyitno, SH juga serentak memberikan dukungan kepada mahasiswa UNMUL yang berkompetisi di Festival Tari Borneo. Beliau pun menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah sebuah ajang silaturahmi antar mahasiswa universitas se- Borneo dalam bentuk penampilan di FTB. “Ini juga menjadi ajang penunjukan bakat dan talenta bagi mahasiswa di kancah luar, non akademik dalam bidang tari.”, sebut Prof. Abdunnur saat di wawancara oleh Humas UNMUL. Beliau pun selaku Rektor UNMUL memiliki harapan yang besar untuk meraih prestasi yang tertinggi dalam keikutsertaan pada FTB 2023 ini.

Semangat dan motivasi untuk daya juang yang tinggi melalui Festival Tari Boreno ini akan membuahkan keberhasilan dan prestasi bagi para mahasiswa. Tak lepas juga pengalaman ini dapat menjadi pembelajaran yang berharga untuk dapat mengembangkan potensi dan bakat mahasiswa UNMUL. Ada pun mahasiswa/mahasiswi yang ikut dalam Festival Tari Borneo 2023 mewakili Universitas Mulawarman yaitu:

  1. Stanislaus Skotska Yosafat Ga
  2. Mohammad Reyfi Syahnaz Anugrah
  3. Ibnu Farabi Dante
  4. Akhmad Dani Armadiansyah
  5. Rhenaldo Elvanda Pratama Burhan
  6. Awahda Zhafirah
  7. Cici Nur’alya Atsilah
  8. Virna Rindra Marsella
  9. Dwi Kartika Hermawanti
  10. Elviannur Rahmawati
  11. Asipa Iklima Dewi
  12. Wulandari

(hms/tik) 

Foto: Sigit

Tanggal : 09 November 2023

Universitas Mulawarman