Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Mahasiswa Fakultas Farmasi UNMUL Ikuti Ajang Diplomasi Internasional

Selama empat hari sejak tanggal 15 Februari hingga 18 Februari 2020 lalu, Nur Diana Amiarti, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sarjana Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman (UNMUL) mengikuti rangkaian acara Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN) di Kuala Lumpur, Malaysia. Acara tersebut diselenggarakan sebuah NGO (Non Governmental Organization) yang bermarkas di Malaysia.

Menurut Diana, sapaan akrab gadis berjilbab ini, bahwa acara tersebut ditujukan bagi para pemuda-pemudi yang ada di Asia. Seluruh peserta melaksanakan simulasi sidang laiknya sidang di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Mereka menjadi delegasi dari berbagai negara di dunia.

Tak hanya melaksanakan sidang, kegiatan yang diikuti oleh 2000 peserta ini juga mengajak seluruh peserta untuk mengkaji isu-isu global yang saat ini berkembang. Kemudian peserta diajarkan untuk melakukan debat terhadap isu tersebut.

AYIMUN 2020, merupakan penyelenggaraan yang ke-lima. Pada tiap penyelenggaraannya, jumlah peserta selalu bertambah. Mengingat pengalaman yang akan didapat oleh peserta sangat luar biasa. Hal ini juga yang menjadikan Diana ikut terlibat di acara tersebut. Pada kesempatan simulasi sidang PBB, Diana memerankan diri menjadi delegasi dari Negara Libanon. Tentu tidak mudah untuk menjadi delegasi dari Negara lain.

“Saya mendapatkan pengalaman untuk memodelkan sidang PBB khususnya mengenai UNHCR, yakni unit yang khusus membahas tentang pengungsi. Oleh sebab itu saya menjadi delegasi dari Negara Libanon,” tutur mahasiswa semester 4 itu.

Tak hanya melakukan simulasi sidang dan debat. Diana juga berkesempatan untuk memberikan penampilan berupa cultural performance. Pada kesempatan lain, Diana juga mempelajari mengenai proses pembuatan draft resolusi PBB. Dimana draft tersebut, merupakan suatu dokumen kesepakatan internasional yang wajib diikuti oleh seluruh anggota PBB. (hms/ff/mp/hms/zul)

Foto: Istimewa

Sumber: https://farmasi.unmul.ac.id/mahasiswa-farmasi-unmul-ikuti-ajang-diplomasi-internasional/

Tanggal : 26 Februari 2020

Universitas Mulawarman