Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

LP3M UNMUL Adakan Workshop Penyusunan Dokumen

Mengundang para Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua GJM Fakultas, Koordinator Prodi Perwakilan Fakultas dan Unit Jaminan Mutu Prodi Perwakilan Fakultas, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan Workshop Penyusunan Dokumen Prosedur dan Formulir di Tingkat Lembaga.

Di Hotel Midtown, Kota Samarinda tempat acara berlangsung, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Mulawarman (UNMUL), Prof. Dr. Lambang Subagiyo., M.Si menegaskan pentingnya menyusun Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang bercirikan keunggulan Prodi di Universitas terakreditasi A ini.

Proses penyusunan standar SPMI dijabarkan dalam wokshop sehari ini, begitu juga dengan rencana tindak lanjut ke depan yang harus dilakukan universitas dengan 98 Prodi ini. “Untuk membangun mutu harus memerlukan komitmen. Terobosan baru dari BAN PT bahwa saat ini dokumen mutu yang terdiri dari kebijakan mutu, standar dan manual mutu serta formulir dan SOP harus benar – benar ada. Oleh karena itu, komitmen dan kesungguhan bersama mutlak diperlukan,” jelasnya.

Di workshop hari ini sambungnya, bukan hanya sekedar memberikan workshop penyusunan dokumen, namun juga mengisi SPMI secara digital yang saat ini sudah bisa dilakukan secara online. “Pengendalian mutu pendidikan tinggi di Indonesia saat ini tidak main – main dan BAN PT sudah menetapkan sistem online,” tambahnya. Jum’at, (06/12).

Bersasarkan Pemenristekdikti no 62 tahun 2016 dikatakannya, bahwa mutu pendidikan tinggi adalah kesesuaian antara penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan standar pendidikan tinggi yang terdiri atas standar nasional pendidikan tinggi dan standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi.

Sedangkan SPMI adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

Selain Ketua LP3M, Kepala Pusat Karya Ilmiah dan Publikasi LP3M UNMUL, Haviluddin, S.Kom., M.Kom., Ph.D diruangan yang sama mempresentasikan Instrumen Evaluasi Diri SPMI yang dimoderatori Kepala Pusat Pelatihan/Pengembangan Pendidikan LP3M UNMUL, Dr. Sudarman., M.Pd. (hms/frn)

 

Foto: Firdan Farezal

Tanggal : 06 Desember 2019

Universitas Mulawarman