Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

LP2M UNMUL Gelar Webinar Kampus Merdeka untuk Desa Mandiri

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Pusat Pengembangan Kelembagaan dan Pengabdian Masyarakat (P2KPM) menggelar Webinar dengan topik Kampus Merdeka untuk Desa Mandiri. Dilaksanakan melalui Aplikasi Zoom Meeting serta disiarkan secara Live Streaming, Direkur Jenderal (Dirjen), Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKTrans), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Republik Indonesia, Dr. Ir. H. M. Nurdin., MT hadir langsung sebagai narasumber.

Dikesempatan yang sama dilakukan pula  launching buku hasil Kuliah Kerja Nyata, Kondisi Luar Biasa (KKN-KLB) dari mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) UNMUL tahun 2020, volume 1 dan 2, oleh Rektor UNMUL dihadapan Dirjen PKTrans.  Kiswanto, Ph.D sebagai Koordinator P2KPM-LP2M UNMUL saat memberikan laporannya menyampaikan, kegiatan KKN UNMUL pada tahun ini telah menghasilkan sebuah buku. 

“Tahun ini pada KKN-KLB kami memfasilitasi 2.489 mahasiswa yang mengikuti program pengabdian pada masyarakat ini, dengan 41 DPL. KKN-KLB ini menghasilkan 10 tulisan dalam 10 Bab buku yang akan diterbitkan untuk volume 1.  Sementara itu, pada KKNT Covid-19 UNMUL, kami juga menargetkan akan kembali menerbitkan buku volume 2, dari 250 mahasiswa dan 16 DPL," tuturnya.

Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si mengutarakan pada KKN-KLB ini akan disampaikan beberapa catatan penting dan dimuat dalam sebuah buku yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat bukan hanya sekedar laporan. 

“Buku ini dapat menjadi bahan atau referensi tersendiri untuk menciptakan Desa Mandiri. UNMUL juga siap mengabdikan diri sebagai pelopor Kampus Merdeka sesuai program Kementerian,” tegasnya. Kerjasama yang dibangun bersama Kemendes PDTT ungkap Rektor, dimulai dari penandatanganan Kerjasama kedua belah pihak pada Bulan Februari tahun 2020. Dukungan penuh pun sudah tentu diberikan Kemendes PDTT untuk UNMUL. 

“Hasilnya hari ini kita mampu mengabdi di Desa, dengan melibatkan beberapa kelompok KKN pada 420 Desa yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur,” kata Rektor dalam sambutannya.  

Meskipun dilakukan dalam situasi pandemi, Rektor menilai semangat mahasiswa UNMUL tetap terjaga untuk terus memberikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat meskipun kegiatan banyak dilakukan secara Daring dan menjaga protokol kesehatan ketat. Sebelumnya, Ketua LP2M UNMUL, Anton Rahmadi, S.TP., M.Sc., Ph.D menyampaikan, kegiatan ini merupakan rangkaian berbagai Webinar dari LP2M di tahun 2020.

Kegiatan akademik yang berlangsung pada Sabtu, (14/11) tersebut, pada sesi pemaparan narasumber dan diskusi dipandu oleh Dr. Rosmini, S.H., M.H sebagai moderator. (hms/frn)

Tanggal : 16 November 2020

Universitas Mulawarman