Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Lolos Penilaian, Lima Proposal PKM Mahasiswa UNMUL Raih Pendanaan

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara resmi mengumumkan pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2020, hari ini, Rabu, (05/08). Melansir dari laman Ditjen Dikti, penilaian proposal PKM pada lima bidang tersebut telah dilaksanakan serta disampaikan judul-judul proposal dari berbagai Kampus peraih pendanaan.

Dari jumlah proposal yang mendapatkan dana melalui Kemendikbud itu, terdapat diantaranya lima proposal milik mahasiswa Universitas Mulawarman (UNMUL) dengan rician dua PKM-K (Kewirausahaan) dan tiga PKM-PE (Penelitian Eksakta). Sementara itu, ketentuan penyaluran dana melalui kontrak kerja antara Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan dengan Perguruan Tinggi.

Diketahui, karena pandemi COVID 19 PKM tahun ini seluruh kegiatan dan luaran program dilakukan secara daring dan diunggah ke dalam sistem yang sudah disediakan oleh Simbelmawa.  Tahapan program kerja PKM terdiri dari seleksi proposal, pelaksanaan Kegiatan PKM. Selanjutnya, penilaian kemajuan pelaksanaan PKM (PKP2), diikuti dengan laporan Akhir serta puncak PKM adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang mana semua proses dan tahapan pelaksanaan ini dikerjakan secara daring.

“Mahasiswa yang judulnya meraih pendanaan dimohon untuk menyesuaikan kegiatan yang akan dilaksanakan dengan Addendum Pedoman PKM 5 (lima) Bidang yang dapat diunduh di https://simbelmawa.kemdikbud.go.id, “ jelas Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti, Aris Junaidi  dalam surat pegumuman pendanaan PKM 5 Bidang tahun 2020.

Kegiatan PKM jelasnya, diselenggarakan dalam rangka memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. (hms/frn)

 

 

Adapun berikut ini daftar peraih pendanaan PKM dari UNMUL tahun 2020:

  1. Mathcookies”(Matematics Cookies): Macaron dengan Selai Buah Lai Khas Kalimantan Berbasis Matematika.
  2. Keripik Singkong Daun Kelor Sebagai Inovasi Cemilan Bernutrisi Guna Memperbaiki Gizi dan Mencegah Stunting di Masyarakat.
  3. Formulasi Nano-Emulgel Dari Daun Tahongai (Kleinhovia Hospita L.) Sebagai Antihiperpigmentasi Dengan Pemanfaatan Nanoteknologi.
  4. Identifikasi Zona Longsor Menggunakan Metode Seismik Refraksi Pada Wilayah Selili, Kota Samarinda.
  5. Peramalan Nilai Tukar Petani Subsektor Peternakan di Kalimantan Timur Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Petani Subsektor Peternakan.

Tanggal : 07 Agustus 2020

Universitas Mulawarman