Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Ketua LP3M: Lembaga Wajib Tingkatkan Kualitas Dosen

Pelatihan PEKERTI Membangun Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0.

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Mulawarman (UNMUL), menyelenggarakan aktivitas rutin tahunan yakni Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruktusional (PEKERTI) dengan mengundang para Dosen dari 14 Fakultas, di Universitas terbesar dan tertua di Kalimantan Timur (Kaltim) ini.

Selama tiga hari, 13 sampai 15 Mei 2019 kegiatan ini terlaksana di Hotel Selyca Mulia, Samarinda. Berbagai materi penting selama pelatihan diberikan para narasumber atau instruktur kepada peserta diantaranya, Model Quality Assurance dalam Pendidikan oleh Dr. Hamdi Mayulu., M.Si, Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi oleh Prof. Dr. Lambang Subagiyo, Teori Belajar dan Motivasi dari Prof. Surya Sili,MAT,Ph.D serta Desain Instruksional disampaikan Dr. Sudarman, M.Pd.

Selain itu, paparan seputar Taksonomi dan Analisis Capaian Penyusuan Peta Capaian Pembelajaran dipresentasikan Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si. Dilanjutkan Praktik Menganalisis dan Praktik Penyusunan Peta Capaian Pembelajaran Matakuliah oleh Dr. Endang Erawan., M.Si. Sementara itu materi Pratikum dalam Pembelajaran dipaparkan Dr. dr. Endang Sawitri, M.Kes, Model Pembelajaran Inovatif disampaikan Dr. dr. Rahmat Bakhtiar., MPPM sedangkan penyampaian tentang Keterampilan Dasar Mengajar dikemukakan oleh Dr. Ir. Isna Yuniar Wardhani, M.P.

  

Ketua LP3M UNMUL, Prof. Dr. Ir. Agus Sulistyo Budi menyatakan pelatihan PEKERTI memang sengaja rutin dilaksanakan setiap tahun. Karena diakuinya merupakan kewajiban lembaga untuk meningkatkan kualitas para dosen. Kegiatan PEKERTI harapnya dapat menambah metode pengajaran melalui materi – materi yang disampaikan para narasumber. “Melalui pelatihan ini bisa menambah wawasan dosen dalam membangun strategi pembelajaran secara sistematik khususnya di era revolusi industri 4.0,” jelasnya. Senin, (13/05).

Tanggal : 16 Mei 2019

Universitas Mulawarman