Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Kemlu Adakan Sosialisasi Polugri di UNMUL

Program Studi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Mulawarman (UNMUL) bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia (RI) mengadakan Sosialisasi Polugri bertajuk “Peran Indonesia Dalam Mendorong Kerjasama Indo-Pasifik”.  Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (31/10), bertempat di Ruang Sidang HI FISIP UNMUL.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari High-Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation (HLD-IPC) dan Indonesia-South Pacific Forum (ISPF) yang telah diselenggarakan di Jakarta, 21 Maret 2019 yang saat itu mengundang akademisi Hubungan Internasional dari berbagai Universitas dan daerah di Indonesia.

Rombongan dari Kemlu RI dikomandani Dr. Andre Omer Siregar selaku Direktur  Kerjasama Intra dan Antar Kawasan Asia Pasifik  dengan membawa para diplomat yang pernah bertugas di berbagai negara yang juga  bertindak sebagai narasumber dari Satker terkait lainnya di Kementerian Luar Negeri antara lain Dit Polkam Asean, P2K2 Aspasaf, Dit Asia Temggara, Dit Asia Timur dan Pasifik.

Ketua prodi HI FISIP UNMUL, Enny Fathurachmi, S.IP,M.Si mengatakan bahwa selama ini HI telah rutin bekerjasama dengan Kemlu dan merupakan mitra utama. “Namun yang istimewa dalam kegiatan kali ini adalah banyaknya diplomat yang terlibat sebagai narasumber dalam memberikan materi sosialisasi dari berbagai perspektif. Terkhusus menggali potensi Kalimantan Timur sebagai calon ibukota NKRI didorong untuk dapat berperan aktif dalam pelaksanaan Politik luar negeri Indonesia yang memprioritaskan pada diplomasi ekonomi,” jelasnya.

Acara dibuka secara resmi oleh Dekan FISIP UNMUL, Dr. H.Muhammad Noor, M.Si yang turut mengapresiasi kegiatan ini. “Acara sosialisasi semacam ini perlu terus dilakukan guna memberikan informasi bagi para akademisi,” ujarnya.

Kegiatan dihadiri lebih dari 120 peserta antara lain dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, BKPMB, Kadin Daerah, Mahasiswa Hubungan Internsional UNMUL, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur serta Universitas Nadhlatul Ulama.

Dr.Andre Omer Siregar juga menambahkan  secara khusus bahwa dalam kegiatan Pelaksanaan kegiatan ini sesuai arahan Ibu Menlu RI Retno Marsudi saat menerima puluhan dosen HI se-Indonesia tanggal 11 Oktober 2019 di Ruang Nusantara Kemlu Jakarta membutuhkan kemitraan dan kolaborasi serta diplomat RI perlu secara rutin menyampaikan perkembangan diplomasi RI ke mitra di dunia akademia agar semakin memahami perkembangan Polugri.

Acara ditutup dengan diskusi hangat dan para peserta sangat antusias dalam menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepara narasumber. (*eny/hms/rob)

Tanggal : 31 Oktober 2019

Universitas Mulawarman