Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Kembangkan Kurikulum, LP3M UNMUL Gelar Workshop Kurikulum OBE Prodi S1 Eksakta di UNMUL

Dilansir dari berbagai sumber, Kurikulum OBE adalah kurikulum yang berfokus pada pencapaian pembelajaran yang dimana pendidikan tidak hanya berpusat pada materi yang harus diselesaikan, namun juga outcome. Sedangkan, OBE sendiri adalah singkatan dari Outcome Based Education yang bisa digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. Di Universitas Mulawarman kali ini, melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum OBE Program Studi (Prodi) S1 Eksakta, Senin (24/10/2023). Dihadiri oleh Rektor UNMUL yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si, Ketua LP3M, Prof. Dr. Hamdi Mayulu, S.Pt., M.Si, Sekretaris LP3M, Prof. Ir. Haviluddin, S.Kom., M.Kom., Ph.D serta para Wakil Dekan dan dosen yang mewakili berbagai program studi S1 Eksakta.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian yang diarahkan oleh Rektor dan Wakil Rektor I (Bidang Akademik) untuk pengembangan kurikulum di Universitas Mulawarman dan peserta dari workshop ini berasal dari 41 Prodi dan 9 Fakultas,” ucap Prof. Hamdi selaku Ketua LP3M UNMUL. Pengembangan kurikulum yang dimaksud yaitu dari Sumber Daya Manusia (SDM), Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Kurikulum sebagai pendukung untuk menuju kriteria unggul. Prof. Hamdi bercerita biasanya saat ada pergantian Kaprodi, terjadi juga perubahan mata kuliah. Ia berharap, kejadian tersebut tidak berulang dengan adanya Kurikulum OBE. Saat ini, terdapat 98 program studi di Universitas Mulawarman dan baru 71 program studi yang telah mengirim Naskah Kurikulum.

Bagi Prof. Lambang, Workshop Penyusunan Kurikulum OBE ini sebagai bentuk penguatan untuk merekonstruksi kurikulum yang sudah ada dengan memahami melalui paradigma. “Kita juga perlu memahami profil lulusan dan mengerti tentang kompetensi apa yang harus dimiliki yang dapat dilihat melalui Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Kedepannya pun diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang siap bekerja,” jelas Prof. Lambang dihadapan para peserta workshop. Selain itu juga, Prof. Lambang menginginkan UNMUL dapat menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki kredibilitas yang tinggi di masyarkat luas.

Penyusunan Kuirikulum OBE untuk Program Studi di Lingkungan Universitas Mulawarman ini sendiri memiliki beberapa rangkaian yang diantaranya Batch I yaitu untuk Program Studi Eksakta, Batch II untuk Program Studi Sosial Humaniora, Batch III untuk Program Studi S2, S3 dan Profesi, Batch IV untuk Sinkronisasi Kurikulum SPMI dan SPME dan Batch V untuk melakukan Penjilidan Buku yang berisi Naskah Kurikulum.(hms/tik/zul)

Foto: Fajar

Tanggal : 24 Oktober 2023

Universitas Mulawarman