Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Kembangkan Diri Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, UKM Pramuka UNMUL Gelar LLAGUM XXV

Sebagai wujud pembinaan Kepramukaan bagi generasi muda yang membentuk, peserta didik berkarakter Pancasila dan berkecakapan hidup dalam kegaitan pendidikan non-formal, serta pengembangan diri peserta didik anggota Pramuka pada disiplin ilmu tertentu, minat dan bakat peserta didik. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan kegiatan Lomba Lintas Alam Gugusdepan Universitas Mulawarman (LLAGUM) XXV Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari dari Selasa hingga Sabtu (24-28/10/2023).

“LLAGUM XXV Tahun 2023 merupakan kegiatan perlombaan yang diikuti oleh pramuka penegak dan pramuka pandega se-Kalimantan Timur (Kaltim). LLAGUM XXV Tahun 2023 kali ini bertujuan sebagai wadah pengembangan diri Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega pada bidang teknologi, intelektual, informasi, sportifitas, kompetitif, sosial dan masyarakat. Penyelenggaraan kegiatan dalam LLAGUM XXV Tahun 2023 menggunakan metode yang beragam, sehingga peserta lebih dapat merasakan, mempelajari, menghayati dan mendalami materi-materi kepramukaan yang telah dipelajari,” kata Ketua Pelaksana LLAGUM XXV Tahun 2023, Jauhari Fadli Jaunum.

Tema dari kegiatan ini adalah “Bersinergi Tanpa Batas, Menciptakan Pramuka yang Kreatif dan Inovatif”. Kegiatan LLAGUM XXV berbasiskan Perlombaan adapun Lomba yang akan dilaksanakan antara lain, lintas alam, teknologi tepat guna, string art, miniatur pioneering, poster, film pendek, ranking 1, dan E-sport (PUBG).  

“Daftar kepesertaan dalam kegiatan ini yaitu, Sangga Putra berjumlah 24 Sangga, sedangkan Sangga Putri berjumlah 19 Sangga. Jadi, total ada 43 Sangga dari Pramuka Penegak dan Pandega se-Kalimantan Timur,” urai Jauhari Fadli Janum.

Sementara, Rektor UNMUL yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si., menuturkan Pramuka saat ini tentu menjadi andalan di Republik ini. “Karena, semua asas-asas kehidupan yang ada di dalam kehidupan kita untuk zaman kolonial maupun zaman milenial yang saat ini kita masuki di dalam Dasa Darma Pramuka. Sehingga sangat membanggakan bagi adik-adik sekalian, baik Pramuka Penegak dan Pandega se-Kaltim. Kami sangat berbangga kalian penerus-penerus bangsa yang nanti akan melanjutkan Dasa Darma Pramuka,” ungkap Prof. Lambang dalam Pembukaan LLAGUM XXV, Rabu (25/10/2023).

Saat ini, lanjut Prof. Lambang menambahkan Gerakan Pramuka saat ini masuk era digital sehingga Gerakan Pramuka juga tidak lepas dari Gerakan yang kekinian. “Saya yakin Pramuka saat ini tetap menjaga Dasa Darma Pramuka yang kita pegang teguh. LLAGUM merupakan salah satu cermin Dasa Darma Pramuka yaitu cinta alam dan kasih saying sesame manusia. Saat ini terjadi perubahan iklim bahkan di beberapa tempat terjadi pembakaran hutan, kerusakan alam yang terus menerus sehingga perubahan iklim yang tidak bisa kita elakkan lagi. Namun, dengan kegiatan seperti LLAGUM untuk melakukan kegiatan di Masyarakat bersama alam dimulai dengan melihat kondisi alam sekitar untuk menambah kecintaan alam. Tentu akan berdampak terhadap ekosistem di lingkungan kita. Tentu kita harus menjaga alam kita, menjaga ekosistem agar bersih,” tegas Prof. Lambang. (hms/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 25 Oktober 2023

Universitas Mulawarman