Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Kelola Sampah Secara Berkelanjutan dan Kembangkan Inovasi Teknologi Hijau, Fakultas Teknik UNMUL dan Eni S.p.A. Jajaki Kerja Sama

Dalam upaya memperkuat kolaborasi antara Universitas Mulawarman (UNMUL) dan industri, Fakultas Teknik (FT) UNMUL menjajaki rencana kemitraan dan kesepakatan kerja sama dengan ENI S.p.A pada 29 Februari 2024. Kedatangan 8 anggota rombongan di sambut langsung oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Ir. Tamrin, S.T., M.T., IPU.

Hadir dari ENI Milan adalah  Ms. Valentina Tronconi,  Ms. Federica Gastaldello dan Ms.Barbara Mineo sebagai Head of Local Development Program and Business Innovation. Sedangkan perwakilan dari ENI Indonesia dihadiri oleh  Senior Manager  Sustainability and Ext. Relations Ibu Movina Nasriati berserta tim.

Pertemuan di lakukan di Fakultas Teknik UNMUL, dan pada kesempatan tersebut diskusi difokuskan pada rencana mewujudkan kolaborasi antara UNMUL dengan ENI S.p.A dalam menghadapi tantangan pengelolaan persampahan secara berkelanjutan dan pengembangan inovasi teknologi hijau untuk persampahan. Termasuk dalam pembicaraan tersebut adalah pentingnya pengembangan dan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan sampah.

 

Topik tersebut sangat relevan dengan komitmen ENI S.p.A yang menjadikan sustainability sebagai salah satu elemen terpenting dalam pengambilan kebijakan dan operasional perusahaan. Karena sampah hingga saat ini masih menjadi salah satu permasalahan utama dan  menjadi kontributor terbesar atas emisi karbon, melalui aspek tersebut ENI S.p.A berharap dapat merealisasikan rencana strategi dekarbonisasi sebagai bagian dari rencana adaptasi perubahan iklim dan keberlanjutan lingkungan.

Diskusi yang dipimpin oleh dosen Prodi Teknik Lingkungan, Juli Nurdiana, dihadiri oleh beberapa dosen, diantaranya Anisa Azizah, Mardewi dan Ibrahim. Hadir dalam pertemuan tersebut, lulusan dari Teknik Lingkungan Universitas Mulawarman yang tergabung dalam SAJAG sebagai komunitas peduli sampah.

Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama antara Universitas Mulawarman, khususnya Fakultas Teknik dan industri dalam upaya  menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan berkualitas. (*ft/hms/zul)

Tanggal : 29 Februari 2024

UNMUL Fakultas Teknik UNMUL ENI S.p.A.