Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Keliling Kampus, KSR UNMUL Gelar Aksi Donor Darah

Agenda rutin tahunan kembali dilakukan Korps Sukarela (KSR), Universitas Mulawarman (UNMUL). Aksi donor darah dilakukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tersebut bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan mengundang semua elemen civitas akademika mulai dari mahasiswa, dosen, dan karyawan di Fakultas.

Ruang Rapat Arwana, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) menjadi tempat aksi donor darah, Rabu, (21/03). Antusias pendonor sudah mulai terlihat ketika awal kegiatan ini akan dilaksanankan. Terlihat dari beberapa pendonor sudah mulai datang ke lokasi lebih awal dari sebelum kegiatan dimulai.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap sesama terutama dalam bidang kesehatan, juga untuk mensosialisasikan pentingnya donor darah dikalangan mahasiswa dan civitas akademik.

Sebelumnya, pendonor harus melewati beberapa prosedur sebelum menyumbangkan darahnya. Diantaranya, calon pendonor harus melakukan registrasi dan mengisi kuesioner. Dilanjutkan pengecekan berat badan, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Apabila pendonor tidak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, pendonor tidak dapat mendonorkan darahnya. Sebaliknya, bila memenuhi kriteria yang ditentukan, maka pendonor diperbolehkan untuk melakukan prosesi donor darah. Guna menambah energi pendonor, pihak PMI telah menyiapkan snack.

Jumlah pendonor dalam kesempatan ini sebanyak 30 orang dengan rincian 20 orang berhasil mendonorkan darahnya dan 10 orang tidak memenuhi kriteria. Secara keseluruhan, kegiatan donor darah kali ini berjalan lancar. KSR berharap untuk kegiatan selanjutnya di Fakultas lain, donor darah bisa berjalan lancar dan antusias masyarakat kampus untuk mendermakan sedikit darahnya dapat meningkat. (ksr/hms/frn)

Tanggal : 22 Maret 2018

Universitas Mulawarman