Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Ke Kabupaten Mahulu, Tim Peneliti Multy Award UNMUL Disambut Antusias dan Dapatkan Prolan Kabupaten Mahulu

Dimana ada kemauan disertai tekad yang kuat disitu ada jalan. Dimana ada usaha disertai doa pasti akan ada hasil. Itulah yang dirasakan Tim Peneliti Multy Award 2023 Universitas Mulawarman (Unmul) ketika melakukan perjalanan darat dari Samarinda menuju Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, pada tanggal 4 September 2023. Ujoh Bilang merupakan Ibu Kota Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) masih sangat sulit untuk dijangkau melalui jalur darat. Perjalanan menuju kesana sangat ekstrim harus melewati jalanan yang berbatu, berbukit, dan sebagian jalan merupakan jalan perkebunan sawit yang licin dan ada yang berlumpur.

Setelah menempuh perjalanan jauh dengan jarak kurang lebih 453,5 km dengan waktu tempuh sekitar 24 jam cukup melelahkan. Tim Peneliti Multy Award 2023 UNMUL yang diketuai oleh Dr. Sonny Sudiar tiba di Ujoh Bilang pada hari Kamis sore tanggal 7 September 2023 setelah melakukan beberapa kegiatan di Kabupaten Kutai Barat selama dua hari. Keesokan harinya, Jum’at 8 September 2023 Tim Peneliti mendatangi kantor Bappelitbangda dan menyampaikan makasud kedatangannya. Diawal pertemuan Tim Peneliti memaparkan maksud, tujuan, dan parameter penilaian dalam Multy Award 2023 UNMUL.

Alhamdulillah, niat baik kami disambut positif dan penuh antusias oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M., yang didampingi Kepala Bappelitbangda, Gerry Gregorius, S.E., M. Si., Ak, serta Kepala Bidang P4KP, Jimmy Herman, S.P., M. Si., di ruang kerja Kepala Bappelitbangda. Atas nama pemerintah daerah, Sekda Mahulu memaparkan beberapa Program Unggulan (Prolan) dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Melalui rapat antara Sekda dengan beberapa OPD yang terkait, Pemerintah Kabupaten Mahulu memutuskan sembilan Prolan yang akan diusulkan dalam ajang Multy Award 2023 UNMUL. “Tim Peneliti Multy Award 2023 UNMUL silakan melakukan in-depth interview dengan beberapa kepala dinas atau sekretarisnya,” imbuh  Stephanus Madang.

Selain itu, Stephanus Madang menuturkan, adanya Multy Award 2023 UNMUL, daerah akan terdorong dan termotivasi untuk melakukan berbagai inovasi baik dalam bentuk produk, ide, jasa, dan desain yang akan memberi nilai lebih bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu khususnya dan Kalimantan Timur umumnya. (*timpeneliti/hms/zul)

Tanggal : 08 September 2023

Universitas Mulawarman