Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Kampanye Anti Plastik di Fakultas Hukum UNMUL

Menindaklanjuti Surat Edaran Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Mulawarman Nomor: 3747/UN17.8/LL/2018 tentang Pembatasan Penggunaan Plastik di Fakultas Hukum UNMUL, tertanggal 31 Desember 2018. Mahasiswa Fakultas Hukum yang mengambil Mata Kuliah Hukum Lingkungan, khusus kelas C Angkatan 2017 dan dosennya Dr. Siti Kotijah, SH., MH, mengadakan kampanye dan sosialisasi di Lingkungan Fakultas Hukum untuk mengurangi menggunakan plastik untuk minuman dan makanan.

Kegiatan ini dilaksanakan hari Kamis Tanggal 21 Maret 2019, yang dimulai dengan pemutaran video yang dilakukan Mahasiswa Fakultas Hukum yang melakukan sosialisasi pada keluarganya dengan memberi atau menukar kantong plastik dengan tas belanja yang terbuat dari kain atau kertas. Selanjutnya dengan mensosialisasikan kepada teman-teman kuliah lain untuk mengganti botol plastik minum dengan thumber.

Fakultas Hukum (FH) dalam rangka meminimalisir penggunaan botol plastik minuman, dengan menyediakan dispenser di setiap kelas dan lorong bagi mahasiswa yang memerlukan air dengan mengisi thumbernya. Kampanye anti plastik di Fakultas Hukum ini, dalam rangka mendukung program pemerintah dalam penanganan sampah (terutama sampah plastik), sebagaimana diatur dalam UU No.18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan PP No. 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Ramah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga. Kegiatan ini juga mendorong Program Kaltim green dan implementasi Perwali Kota Samarinda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong.

Kampanye anti plastik ini juga dilakukan di jalan di depan Fakultas Hukum dengan membawa botol thumber pengganti botol plastik. Kampanye ini juga digelar pamflet dengan kata-kata yang lucu dan menarik, seperti, kata tidak dengan plastik, yes thumber, no plastik, dan selamat tinggal mantan plastik dan sebagainya. Mari kita berbuat yang bisa kita lakukan dari diri kita sendiri. Sebagai contoh, beri tahu keluarga tercinta, teman, sahabat dan terima kasih dukungan aktivitas akademik di Lingkungan Fakultas Hukum. Semoga ini bisa memberi nilai kebaikan dan keberlanjutan untuk terus menjaga lingkungan demi anak cucu kita. Ayo berpartisipasi. (*fhunmul/hms/zul)

Tanggal : 22 Maret 2019

Universitas Mulawarman