Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Kabupaten Kukar, Kubar hingga Mahulu Jadi Tempat Sosialisasi Tim UNMUL

Menjelang Tahun Akademik 2020/2021 Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan aktivitas rutinnya dengan melakukan sosialisasi ke Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).  SMKN 2 Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Rabu, (11/12) menjadi salah satu tempat penjelasan teknis informasi tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020.

Tidak hanya di Kubar, mengundang para perwakilan sekolah serta siswa, tim sosialisasi yang diisi oleh Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik, Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK), Abdul Khadir, S.Kom.,M.Si dan Maruansyah, S.A, S.Sos, selaku Kasubbag. Akademik  dan Evaluasi, BAK itu juga mengunjungi Kabupaten Mahakam Ulu, Kamis (12/12) yang bertempat di SMAN 1 Long Bangun, serta Kabupaten Kutai Kartanegara dengan tuan rumah tempat sosialisasi di SMAN 2, Tenggarong. Senin, (16/12).

Satu hal yang baru dalam proses pendaftaran pada dua jalur ini disampaikan adalah dimulai dengan melakukan registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di portal https://portal.ltmpt.ac.id. Sementara itu, masih sama seperti tahun sebelumnya, jalur SNMPTN memiliki kuota minimum 20%, SBMPTN dengan kuota minimum 40% dan seleksi mandiri maksimum 30% dari total daya tampung jalur penerimaan mahasiswa baru. Di jalur nasional ini, setiap siswa juga hanya diperbolehkan memilih paling banyak dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

Sedangkan di UTBK tahun 2020 berlaku ketentuan kelompok ujian campuran yang mana peserta harus melalui materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) sekaligus Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek dan Soshum. TPS dan TKA dirancang untuk  memprediksi peserta mampu  menyelesaikan studi di  Perguruan Tinggi.

Diketahui, pada tahun akademik 2020/2021 UNMUL menyediakan total daya tampung pada jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) sebanyak 3.185. (hms/frn)

Tanggal : 16 Desember 2019

Universitas Mulawarman