Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Juarai Kompetisi Bisnis Tingkat Nasional, Mahasiswa UNMUL Raih Dana Pembinaan Usaha

Delegasi Universitas Mulawarman (UNMUL) berhasil meraih juara dalam Business Plan Competition (BPC) yang diselenggarakan Universitas Negeri Medan (UNIMED). Bukan hanya satu, dalam ajang yang diikuti puluhan PTN dan PTS ini, dua tim sekaligus dari Kampus Gunung Kelua menjadi pemenang dan berhak mendapatkan uang pembinaan usaha untuk kategori pegembangan usaha bidang jasa dan teknologi.

Sebagai Ketua Tim, mereka adalah Angelika Gita Andreana, mahasiswi Prodi Administrasi Bisnis, FISIP UNMUL di pengembangan usaha bidang Jasa. Selain itu, bidang Teknologi, Willy Sanjaya juga menorehkan hasil yang sama yakni berhasil menjadi juara setelah mendapatkan penilaian dari penyampaian proposal dan presentasi yang dilakukan.

“Capaian yang berhasil kami dapatkan yaitu selain menjadi pemenang, kami juga mendapatkan pengalaman yang luar biasa terlebih lomba ini termasuk lomba tingkat nasional dan ini juga pertama kalinya bagi kami mengikuti lomba tersebut. Selain itu kami juga masih mahasiswa baru, kami juga mendapatkan ilmu baru tentang business plan dan bisa mendalaminya,” ungkap Angelika kepada Humas UNMUL.

Jenis usaha yang dikompetisikan lanjut Angelika yaitu, penyedia jasa perawatan wajah dari rumah ke rumah dan menggunakan produk yang sudah teruji klinis, halal dan terdaftar di BPOM RI. “Jenis usaha kami di bidang jasa, kami memilih mengkompetisikan bisnis ini dikarenakan bisnis ini sangat menarik yaitu sistem kami berupa penyedia jasa perawatan wajah,” katanya.

Sementara itu, mental yang tangguh dan komitmen untuk sukses menjadi modal utama untuk menggapai juara. “Kami selalu bersemangat dalam setiap prosesnya dan kami memiliki team work yang solid saling membantu, mendukung serta saling memotivasi agar selalu semangat,” tegasnya.

Serta tidak kalah penting dukungan pihak Kampus sangat mendukung hasil dalam lomba ini tuturnya. Dukungan penuh dari para Dosen menjadi salah satu aspek penting capaian positif ini. "Terbukti juga dosen-dosen kami mengizinkan serta memberi support kepada kami untuk menghadiri presentasi final, mendoakan kami, dan pak Muhammad Fikry Aransyah, B.BA., M.BA selaku dosen pembimbing lomba ini juga turut serta memberikan motivasi dan memberikan arahan untuk menjadi pemenang," serunya.

Ditanya mengenai harapan ke depan setelah hasil ini, bersama Tim dirinya semakin bersemangat untuk mengembangkan bisnis serta terus berkarya, berprestasi dan mengharumkan nama UNMUL. "Planning kami kedepannya ingin membuka outlet semoga cepat terwujud," tutupnya.

Berlangsung secara Daring karena masih dalam situasi Pandemi, pengumuman pemenang BPC UNIMED 2020, dilakukan pada 4 November 2020. BPC tahun ini mengangkat tema “Adaptasi Kewirausahaan di Era Baru Pandemi Covid-19”. Mengutip dari unimed.ac.id, program ini diadakan untuk mengembangkan dan menggali jiwa wirausaha dan kreativitas yang dimiliki Mahasiswa se-Indonesia.

Kompetisi ini diharapkan dapat menjadi penyalur ide-ide kreatif Mahasiswa se-Indonesia sehingga di masa depan dapat membuat perubahan dengan cara menjadi seorang wirausahawan baru dan dapat bersaing dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19.

Konsep sistem kompetisi BPC yaitu  peserta mengirimkan proposal rencana bisnis dengan konten seperti yang sudah di sediakan panitia. Proposal yang dikirim akan diseleksi dan dinilai seberapa kreatif, inovatif ide, penilaian dilakukan berdasarkan kreativitas, inovatif ide, dan originalitas, pengimplementasian bisnis yang di ajukan, dan berdasarkan ketentuan tata tulis. Proses seleksi nantinya akan dilakukan oleh tim juri untuk dipilih proposal terbaik dan kompetisi dilaksanakan secara Daring di Universitas Negeri Medan. (hms/frn)

Tanggal : 05 November 2020

Universitas Mulawarman