Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Job Fair 2019, UPT Perkasa Adakan Talkshow Karir

Dalam menyelenggarakan Career and Company Expo (CCE) 2019 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (Perkasa) Universitas Mulawarman (UNMUL) juga merangkaikan kegiatan tersebut dengan sebuah kegiatan yang tidak kalah pentingnya yaitu talkshow, dalam membekali pengetahuan para pencari kerja dan calon lulusan Unmul agar mereka sukses mengembangkan karir mereka kedepannya. Talkshow ini diadakan pada hari pertama dalam pergelaran CCE 2019 pukul 09.00 Wita hingga selesai, yang bertempat di Auditorium UNMUL.

Dalam talkshow tersebut, UPT. Perkasa UNMUL mengundang narasumber-narasumber yang menjadi mentor unggul dalam persiapan dunia kerja, di antaranya adalah Dr. Meiliana, SE., M.M, dengan tema “Peluang Alumni Universitas Mulawarman dalam menghadapi dunia kerja dan usaha di Kalimantan Timur”, kemudian pembahasan “Masa Depan Tenaga Kerja Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0” oleh perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kaltim, dilanjutkan dengan perwakilan dari Apindo ialah Dewi Wulan Sari dengan tema “Peluang Lulusan Perguruan Tinggi dalam Dunia Kerja”. Tidak kalah penting dalam acara tersebut adalah pemaparan tema mengenai Sosialisasi Gerakan Nasional Indonesia Kompeten oleh Chairul Razak dan Marike Marsya dari GNIK dan UPT. Perkasa juga menghadirkan CD Manager PT Nutrifood Febri Yudha Utama  yang akan mengantarkan tema “Preparing a Proficient Career after College”.

Memberikan pengetahuan bagaimana dunia kerja dalam era revolusi industri 4.0 kepada mahasiswa dan lulusan baru sangat penting mengingat semakin banyaknya saingan yang hadir dan tantangan IT yang semakin wajib dikuasai oleh siapapun dalam dunia kerja.

COMPANY PROFILE:

Selama pergelaran Career and Company Expo 2019, pihak panitia mengadakan sub kegiatan yang dapat memfasilitasi antara perusahaan dan pencari kerja atau mahasiswa dalam saling berbagi informasi dan pengetahuan dalam presentasi Company Profile. Adapun kegiatan ini merupakan presentasi profil perusahaan yang terkait dengan bidang atau jenjang karir di perusahaan tersebut, dengan jadwal presentasi yang diadakan setiap hari, mulai di hari pertama dimulai dari pukul 13.00-14.00 Wita dan dilanjutkan pada hari kedua dan ketiga di pukul yang sama yaitu 09.00-12.00 dan 13.00-14.00 Wita. Pihak perusahaan yang presentasi merupakan perusahaan peserta booth CCE 2019 yang bersedia mengisi slot waktu yang panitia sediakan dengan estimasi waktu 30 menit sampai 1 jam setiap perusahaan.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan gambaran yang lebih detail terhadap perusahaan yang terkait dengan jenis bidang, cakupan, jenjang karir dan lainnya kepada masyarakat terutama pencari kerja dan calon lulusan perguruan tinggi.

KONSULTASI KARIR DAN BISNIS:

Pada Career and Company Expo 2019 kali ini, terdapat hal yang spesial dan sangat sayang untuk dilewatkan. Selama menyelenggarakan Job Fair/Career Expo, UPT. Perkasa di tahun ke tiga kali ini bekerja sama dengan Engineering Career Center atau ECC UGM dalam menyelenggarakan Konsultasi Karir dan Bisnis dalam sub rangkaian CCE tahun ini. ECC UGM akan mengirimkan tiga perwakilan ahli yang akan menjadi konsultan bagi para mahasiswa atau pencari kerja yang datang.

Kegiatan ini akan di laksanakan pada hari ke dua dan ke tiga yaitu tanggal 16 dan 17 Oktober di booth ECC UGM dari pukul 08.00-15.00 WITA. Masih banyak mahasiswa atau lulusan fresh graduate yang masih bingung dan ragu-ragu dalam menentukan hal apa yang akan mereka lakukan setelah lulus dari perguruan tinggi, jadi akan sangat penting jika kita mengetahui minat dan bakat yang sesuai dengan diri kita agar lebih siap dan terarah dalam menentukan masa depan setelah lulus. Untuk itu, ECC UGM hadir membantu memberikan solusi yang kita inginkan. (hms/zul/*uptperkasa)

Foto: Sulkarnain

Tanggal : 15 Oktober 2019

Universitas Mulawarman