Universitas Mulawarman

Berita

Loading image

Universitas Mulawarman

Ini Dia Pemenang NUDC UNMUL yang Lolos ke Tingkat Wilayah

Final National University Debate Championship (NUDC) Universitas Mulawarman (UNMUL) 2024 yang dilaksanakan selama tiga hari sejak selasa, tanggal 26 hingga 28 maret 2024 telah usai. Final Debat dilaksanakan di Gedung Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si., lantai 3 Lecture Theatre. Dimana pemenang NUDC UNMUL terdiri dari dua orang debater dan satu N1 Adjudicator yang akan mewakili UNMUL dalam seleksi tingkat wilayah yang akan berhadapan dengan Universitas yang ada di Kalimantan.

Dan tim yang berhasil lolos masuk ke Final pada NUDC 2024 diantaranya yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Kedokteran (FK). Dalam NUDC UNMUL terdapat dua kategori lomba yang di perebutkan oleh peserta yaitu The Best Team NUDC UNMUL 2024  dan The Best Speaker NUDC UNMUL 2024. 

Pemenang dalam kategori The Best Team NUDC UNMUL 2024 berhasil dimenangkan oleh Tim Fakultas Kedokteran (FK) (Joycelyn Isoka Sondang Eldora, Naiara Dameris Putri Nugroho), yang sekaligus akan menjadi perwakilan UNMUL pada NUDC tingkat wilayah. Posisi Kedua ditempati oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) (Toshi Atthur I, Kenny Mandala Chanra Tjiang ), Posisi Ketiga dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) (Rama, Derryano Eduardo Syahputra) dan posisi terakhir ditempati oleh Fakultas Teknik (FT) (Renaldi Bandong Galla, Hana Gloria Hutagalung) 

Sedangkan untuk kategori lomba The Best Speaker NUDC UNMUL 2024 kembali di menangkan oleh Naiara Dameris Putri Nugroho dari Fakultas Kedokteran dengan total perolehan skor tertinggi 238, Posisi kedua dimenangkan oleh perwakilan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kenny Mandala Chanra Tjiang dengan perolehan skor 227 dan posisi ketiga di menangkan oleh Toshi Atthur I dengan perolehan skor 224.

Toshi Atthur I (FEB) yang memenangkan posisi ketiga untuk kategori The Best Speaker NUDC UNMUL 2024 juga akan turut menjadi perwakilan UNMUL dalam seleksi tingkat wilayah sebagai N1 Adjudicator. Hal ini terjadi karena untuk kategori lomba Adjudicator tidak memenuhi nilai minimum yang di tetapkan oleh dewan juri sehingga diputuskan untuk tidak mengirimkan perwakilan dari Chamber Adjudicator dan memilih nilai tertinggi dari Debater untuk mewakili UNMUL.

“Pemenang NUDC UNMUL 2024 akan diberikan pembinaan selama kurang lebih satu bulan untuk persiapan ke wilayah, dimana dalam jenjang waktu tersebut akan mengundang alumni dan pembina UKM Debat UNMUL untuk memberikan coaching,” ungkap Wasono, S.Si., M.Si., selaku PIC NUDC UNMUL 2024.

Lebih lanjut, Wasono, S.Si., M.Si. menjelaskan bahwa direncanakan akan melakukan trial dengan Universitas lain agar jam terbang perwakilan kita bisa lebih tinggi dan mereka lebih siap untuk berkompetisi di tingkat Wilayah,” tuturnya.

Pada upacara penutupan yang ditutup oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian MPI, Ariyanto B. Setyawan, S.Hut., M.Si., berharap kepada para pemenang agar dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan menjadi perwakilan UNMUL untuk berlomba di tingkat Wilayah dan bisa lolos ke Nasional dan bertanding di Universitas Terbuka Tangerang nantinya. 

Lebih lanjut, Ariyanto Wirawan, S.Hut., M.Si meminta kepada para pemenang agar berusaha dengan keras agar dapat menyamai perwakilan UNMUL di tahun sebelumnya atau bahkan dengan prestasi yang lebih baik tahun ini.