Universitas Mulawarman

Berita

Images Images

Universitas Mulawarman

Ini Dia Mahasiswa UNMUL yang Sabet Sejumlah Penghargaan di Ajang LETIN 3

Perwakilan Universitas Mulawarman (UNMUL), Muhammad Ramadhan Nur, mahasiswa Program Studi Farmasi Klinis, Fakultas Farmasi (FF) memimpin kelompok dengan anggotanya yaitu Eka Chayani Mustika Hati, Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Nur Halimah, Mahasiswi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) berhasil meraih Juara 1 Kategori Poster dalam Lomba Essay Tingkat Nasional 3 (LETIN 3) yang diselenggarakan oleh Nusantara Muda di Universitas Dhayana Pura, Bali. Kegiatan ini digelar selama 3 hari, dari Kamis hingga Sabtu (02-04/05/2024).

Tak hanya mendapatkan satu kejuaraan, tim ini juga mendapatkan Best Presentation dan Gold Medal Kategori Poster di Bidang Pangan pada Final LETIN 3. Dengan Karya Essay berjudul "PEMANFAATAN KACANG TANAH (Arachis hypogea L.) DALAM PENCEGAHAN STUNTING PADA BALITA MELALUI BISNAT (Biscuit Peanut) SEBAGAI MAKANAN PENDAMPING".

Muhammad Ramadhan Nur, Eka Chayani Mustika Hati dan Nur Halimah memaparkan bahwa BISNAT (Biscuit Peanut) merupakan inovasi produk MPASI yang terbuat dari kacang tanah dan bahan-bahan lokal. BISNAT diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi balita dan membantu mencegah stunting. BISNAT mudah dibuat, lezat, dan bergizi, sehingga dapat menjadi alternatif MPASI yang ideal bagi balita. Dengan memanfaatkan kacang tanah untuk pencegahan stunting, pemuda dapat menunjukkan perannya sebagai agen perubahan yang membawa kemajuan bagi bangsa.

Tim ini juga mengirimkan dua karya lain pada bidang teknologi dan berhasil mendapatkan Silver Medal Kategori Poster dalam Lomba Essay Tingkat Nasional 3 (LETIN 3) dengan karya essay berjudul "APLIKASI SI PEMILU (SISTEM INFORMASI PEMILIHAN UMUM) SEBAGAI SARANA PEMILIHAN UMUM MENUJU PEMILU 2029 YANG LEBIH BERKUALITAS DAN PROFESIONAL ". Memaparkan bahwa aplikasi ini bertujuan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mencari informasi, sekaligus mempermudah pihak panitia atau instansi penyelenggara, upaya peningkatan jumlah masyarakat yang aktif dalam mengikuti pemilihan umum. Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah rakyat pemilih agar dapat lebih kritis dalam pemilu untuk mencapai Pemilu 2029 yang berkualitas.

Serta, satu karya dalam bidang teknologi yang berjudul "Healthy Trash aplikasi teknologi hijau dalam konteks melestarikan alam sekitar dan gerakan Masyarakat dalam pelestarian lingkungan hidup menuju pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)" juga berhasil mendapatkan Silver Medal Kategori Poster dalam Lomba Essay Tingkat Nasional 3 (LETIN 3). Health Trash menjadi aplikasi sebagai sarana penjemputan sampah dan daur ulang sampah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi.

Sementera itu, Dosen pembimbing dari Fakultas Farmasi UNMUL yakni Rohim, M.Farm., menyambut baik inovasi Bisnat yang diusung oleh tim dalam menciptakan solusi pangan untuk upaya penurunan angka stunting di Indonesia. Keunggulan inovasi ini untuk memenuhi nutrisi anak-anak dalam 1 keping biscuit sebanyak 500 kalori. 

Dosen Program Studi Farmasi Umum itu juga mengatakan bahwa aplikasi si pemilu dan healthy trash menjadi inovasi canggih yang sangat berguna untuk kehidupan bermasyarakat. “Inovasi ini dapat berkembang lebih maju dengan kerja sama dan sinergi antara pemuda, pemerintah, dan masyarakat, stunting dapat diatasi dan generasi penerus bangsa dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas,” urainya.

Ia juga berberharap inovasi ini dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif menuju era kemajuan Indonesia emas.

Dengan raihan penghargaan yang didapat tersebut, Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng., turut mengapresiasi atas penghargaan yang digapai Mahasiswa UNMUL. "Selamat dan sukses kepada Dekan dan Para Wakil Dekan Fakultas Farmasi, Dekan dan Para Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dekan dan Para Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (*mhs/hms/zul)

Tanggal : 07 Mei 2024

LETIN 3 Kemendikbudristek UNMUL