Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Implementasikan Program Reformasi Birokrasi, LP3M UNMUL Helat Pelatihan Pengelolaan Manajemen Mutu Perguruan Tinggi

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan pelatihan pengelolaan manajemen mutu perguruan tinggi, pengembangan zona integritas di masing-masing fakultas dan membangun reformasi birokrasi tingkat Universitas Mulawarman. Kegiatan ini dilaksanakan di Ibis Hotel, Samarinda, yang dilakukan selama 2 hari, Kamis hingga Jum’at (26-27/10/2023).

“Alhamdulillah hari ini kita bersama-sama dengan Pak Ali Akbar dan Pak Alex yang sangat susah didatangkan karena memang beliau-beliau ini hamper seluruh universitas bahkan tingkat provinsi dalam hal membangun zona integritas. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, dengan harapan hari kedua menginput LKE semua fakultas nanti langsung terbangun zona integritasnya dan langsung LKE diinput esok hari,” kata Ketua LP3M UNMUL, Prof. Dr. Hamdi Mayulu, S.Pt., M.Si., dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Prof. Hamdi menambahkan, kita berharap di tahun 2024 awal Zona Integritas LKE sudah lebih baik. Diakhir tahun ini dituntut oleh Kementerian LKE kita sudah terinput. Saya yakin bapak dan ibu dekan maupun wakil dekan belum paham apa itu LKE. Padahal jika LKE itu terinput dengan baik di masing-masing fakultas manakala kita menyusun instrumen akreditasi program studi akan sangat mudah. Kenapa, karena data-data itu sudah ada di LKE. Jika kita membangun sistem LKE dan sistem di HVS 4.0, sistem saja yang bekerja. Kita tinggal menarik naskah borang di HVS 4.0 dan akumulasinya kita tinggal menarik di APT 3.0,” jelas Prof. Hamdi.

Sementara itu, Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., kita hari ini bersama-sama hadir dalam sebuah kegiatan yang sebetulnya follow-up dari edaran dan arahan dari Kemdibudristek melalui Dirjen Dikti. “Terkait dengan bagaimana kita mengembangkan pada semua unit strategis yang ada di perguruan tinggi dalam hal ini fakultas maupun unit kerja, pascasarjana dan lembaga baik yang ada di UNMUL maupun pada semua lembaga di bawah Kemdikbudristek. Dalam rangka untuk mengembangkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” tegas Prof. Abdunnur.

Prof. Abdunnur mengharapkan UNMUL maupun seluruh perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim) bisa membangun secara bersama-sama mengembangkan menjadi sebuah komitmen Integritas seluruh perguruan tinggi. “Dalam rangka implementasi program reformasi birokrasi dari Kemdibudristek. Sebelumnya, UNMUL sudah menetapkan 2 unit kerja yaitu, Fakultas Teknik kemudian Unit Layanan Terpadu (ULT). Pada tahun ini, harus dilaksanakan secara bersama semua unit kerja untuk membangun dan menetapakan Zona Integritas (ZI) tanpa pengecualian. Sehingga melalui LP3M UNMUL yang sudah menginisiasi kita ucapkan terima kasih,” tutur Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU saat membuka acara Pelatihan Pengelolaan Manajemen Mutu Perguruan Tinggi, Kamis (26/10/2023).

Narasumber dari kegiatan ini disampaikan dari Tim Reformasi Birokrasi Sesdirjen Dikti Kemdikbudristek yaitu Muhammad Ali Akbar, S.E., M.B.A., dan Alexander Ari Afde Saputro, S.Tr., yang dimoderatori oleh Tim Reformasi Birokrasi UNMUL, Agus Soepriyadi, S.E., yang juga merupakan Koordinator Kepegawaian UNMUL. (hms/zul)

Foto: Sulkarnain

Tanggal : 26 Oktober 2023

Universitas Mulawarman