Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Humas UNMUL: Jelang UBTK-SBMPTN, Ini Jadwal dan Tahapan Pentingnya

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dalam waktu dekat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan kembali membuka jalur penerimaan bagi calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sebagai salah satu pusat UTBK PTN di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), seleksi yang dapat diikuti siswa lulusan tiga tahun terakhir tersebut, Universitas Mulawarman (UNMUL) di jalur SBMPTN menyiapkan 2.361 kursi bagi calon mahasiswa baru atau 40 persen dari total kuota daya tampung penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2020/2021 di Universitas berakreditasi A ini.

“Memperhatikan situasi Nasional berkenaan dengan mewabahnya COVID-19, maka pendaftaran dan pelaksanaan UTBK akan tetap dilaksanakan yang dimulai dengan pendaftaran UTBK dan SBMPTN pada tanggal 2 hingga 20 Juni, dilanjutkan pelaksanaan UTBK di tanggal 5 sampai 12 Juli, serta pengumuman SBMPTN pada tanggal 25 Juli 2020,” jelas Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas UNMUL, Dewi Novi Rianti, S.H., M.H saat menyampaikan informasi pelaksanaan UTBK dalam kondisi Pandemi COVID-19 yang dipublikasikan di web unmul.ac.id.

Perubahan UTBK dari informasi yang dikeluarkan sebelumnya oleh LTMPT disebutkannya, terdapat penyederhanaan materi tes yaitu hanya diujikan Tes Potensi Skolastik (TPS) saja. Selain itu di UTBK kali ini akan disesuaikan faktor pembobotan sub tes berdasarkan program studi yang diambil.

“Berbeda dari keputusan sebelumnya yang memperbolehkan siswa mengikuti dua kali tes UTBK, saat ini hasil keputusan LTMPT adalah setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil satu kali tes dan pelaksanaan tes dilaksanakan empat sesi setiap hari kecuali di hari Jum’at hanya ada dua sesi. Peserta pun bisa memilih salah satu sesi diantaranya,” terangnya.

Sementara itu disampaikannya, perbedaan UTBK tahun 2020 dari tahun sebelumnya, pendaftaran UTBK dan SBMPTN saat ini dilakukan secara bersamaan, selain memilih lokasi tes pusat UTBK, peserta juga langsung memilih PTN dan Prodi.

“Perlu diketahui bersama dalam kondisi pandemi seperti saat ini, terdapat protokol pelaksanaan UTBK yang wajib dilakukan peserta sebelum, pada dan pasca ujian diantaranya menggunakan masker. Begitu pula sebelum memasuki lokasi atau ruang ujian, para peserta harus  dipastikan dalam kondisi sehat dan melalui prosedur pemeriksaan COVID-19. Apabila peserta tidak memenuhi protokol kesehatan COVID-19,  maka peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian sebagaimana yang tertuang dalam protokol pelaksanaan UTBK yang ditetapkan LTMPT,” tegasnya.

Bertujuan memudahkan masyarakat mengetahui berbagai informasi penting pelaksanaan UTBK dalam kondisi Pandemi COVID-19, diakhir rilis tersebut, dirinya menyatakan para calon mahasiswa baru bisa mengakses informasi tersebut di berbagai media publikasi resmi UNMUL diantaranya web unmul.ac.id, media sosial Instagram dan Twitter di @unmul, akun Facebook, Universitas Mulawarman, akun Youtube, UNMUL TV,serta Telegram di @UNMULofficial. (hms/frn)  

 

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru UNMUL Tahun Akademik 2020/2021

Tanggal : 29 Mei 2020

Universitas Mulawarman