Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Humas UNMUL Tukar Pengetahuan dan Informasi Kehumasan di Pemkab Paser

Selasa, (01/03), Humas Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan kunjungan kerja ke Bagian Humas atau yang saat ini bernama Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (PROKOPIM) Sekretariat Daerah (Sekda), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, Kalimantan Timur. Tujuan kunjungan ini tak lain untuk saling belajar satu sama lain seputar aktivitas kehumasan, baik dari Humas UNMUL maupun PROKOPIM Sekda Paser.

Kunjungan kerja ini dihadiri langsung oleh Kepala Biro Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (KBPKHM) UNMUL, Sugiyarta, SE., M.Si, didampingi Sub Koordinator Hubungan Masyarakat, Ari Wibowo, SH., MH dan Tim Humas UNMUL. Sementara itu dari Sekda Paser delegasi UNMUL diterima oleh Kepala Subbagian Dokumentasi Pimpinan, Ika Marsilla S., Kepala Subbagian Komunikasi Pimpinan, Dina Fitrianty, S.Sos., MA dan pejabat terkait lainnya.

Dalam pertemuan ini, KBPKHM UNMUL, Sugiyarta mengharapkan rekan - rekan dari Humas UNMUL dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan menggali banyak hal dari PROKOPIM Sekda Paser. Karena, pada kesempatan seperti ini diakuinya banyak hal yang bisa didapatkan.

“Salah satunya dalam proses Rilis publikasi, Humas UNMUL baru mengetahui bahwa ada jobdesk khusus sebagai seorang analis berita sebagai bentuk untuk membawa lembaga kearah positif serta membangun awareness dari masyarakat maupun pembaca,” sebutnya.

Sebagai seorang analis berita, sambungnya, tidak hanya dapat dipelajari dengan mudah oleh mahasiswa dengan latar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi atau sejenisnya. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bila seseorang yang bukan dari latar belakang lulusan Ilmu Komunikasi pun dapat menjadi seorang Analis Berita dengan terjun langsung ke lapangan dan melihat isu yang sedang berkembang di masyarakat. “Dengan demikian, pada kesempatan ini UNMUL dapat belajar melalui PROKOPIM Sekda Paser berdasarkan Analis Berita,” tambahnya.

Baik UNMUL maupun Sekda Paser, keduanya sangat mengandalkan Sosial Media sebagai sarana utama untuk menyebarkan informasi. Saat ini, Sekda Paser sangat gencar untuk mendapatkan isu-isu terkini yang beredar di masyarakat melalui Sosial Media.

Dengan kecepatan informasi yang beredar, tentunya tantangan yang dihadapi oleh kedua lembaga ini pun semakin berat. UNMUL juga saat ini aktif memberi informasi kepada mahasiswa dan masyarakat yang salah satunya adalah pada proses Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus terbesar dan tertua di Kaltim ini yang dilaksanakan setiap tahun.

Selain itu juga, melalui kunjungan ini pula kedua lembaga bisa belajar satu sama lain karena menghadapi dua publik yang berbeda. Dimana PROKOPIM Sekda Paser menghadapi masyarakat umum khususnya warga Kabupaten Paser dan Humas UNMUL menghadapi civitas akademik serta masyarakat. Keterbukaan Informasi juga menjadi salah satu aspek mengapa isu-isu yang beredar dapat langsung ditangani dan mendapatkan respon.

“Di Humas Paser telah menyediakan banyak cara untuk menampung partisipasi masyarakat baik dalam bentuk keluhan, informasi, maupun saran pada proses pembangunan kota yang dilaksanakan yaitu via website,  Facebook  dan Instagram,” sebut Ika Marsilla.

Tak ketinggalan, UNMUL saat ini juga telah menerima segala bentuk kritik dan saran untuk perkembangan lembaga melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di http://ppid.unmul.ac.id, dan website lapor.go.id yang mana disana pula terdapat berbagai informasi yang telah disediakan dan dapat diakses oleh masyarakat luas. (hms/tik)

 

Foto: Ahmad Yusuf dan Robby Adhitya

Tanggal : 01 Maret 2022

Universitas Mulawarman