Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Helat Seminar Nasional, FKIP UNMUL Undang Guru Besar UPI

Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mulawarman (UNMUL) hadirkan Guru Besar dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Dr. Dasim Budimansyah, S.Pd., M.Si pada Seminar Nasional Pendidikan IPS, Membangun Peradaban Bangsa Berbasis Kearifan Lokal di Ruang Rapat Utama Lantai Tiga Dekanat, FKIP UNMUL.

Dengan tema Penguatan Social Studies (IPS) Bagi Kalangan Pendidik, narasumber utama yang berasal dari Departemen Pendidikan Kewarganegaraan UPI itu, menyajikan materi presentasi diantaranya adalah harmoni Extraceptive Knowledge dengan Intraceptive Knowledge.

Extraceptive Knowledge adalah pengetahuan yang biasanya ditekuni ilmuwan mengenai dunia kebendaan  untuk mencari kebenaran ilmiah. Sedangkan Inraceptive Knowledge merupakan pengetahuan dari dalam batin manusia yang dianggap adil, benar, dan indah,” jelasnya. Senin, (07/10).

Sementara itu lebih jauh diutarakannya, di dunia pendidikan IPS dikenal dengan istilah yang berbeda-beda yang biasa dikenal dengan sebutan Social Science Education, Social Dstudies, Social Education. “The Three Social  Studies Traditions terdiri dari Social Studies as Citizenship Transmission, Social Studies as Social Science dan Social Studies as Reflective Inquiry,” lanjutnya.

Dihadapan para Guru IPS di wilayah Kota Samarinda serta alumni yang hadir sebagai peserta, dirinya mengungkapkan jati diri pendidikan IPS yakni memilih atau menyederhanakan bahan dari disiplin ilmu-ilmu sosial dan humanities untuk tujuan pendidikan, mengorganisasikan bahan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan, menyajikan metode secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan juga menilai hasil dan proses belajar.  

Dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Umum, SDM dan Keuangan FKIP, Dr. H. PM. Labulan. M.Pd berharap para mahasiswa bisa menggali ilmu sebanyak – banyaknya dari pemateri dan terlibat aktif dalam proses diskusi. Di sambutannya, Ketua Panita Seminar Nasional, Dr. Jamil, S.Pd., M.AP menjelaskan tujuan kegiatan ini agar didapatkan penguatan tentang perkembangan ilmu IPS.

“Terima kasih kepada pimpinan Universitas, Fakultas, Jurusan, dan Program Studi yang telah mendukung penuh dan mensukseskan kegiatan ini. Saya harap ke depan dukungan ini dapat terus berlanjut serta dapat kembali terlaksana kegiatan – kegiatan akademik lainnya di lingkungan Kampus UNMUL,” harapnya. (hms/frn)

 Foto: Hartanto

Tanggal : 07 Oktober 2019

Universitas Mulawarman