Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Hasilkan Kurikulum Baru, BIPA UNMUL Adakan Lokakarya

Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), UPT. Layanan Internasional (LI) Universitas Mulawarman (UNMUL) mengadakan Lokakarya Pembelajaran BIPA. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 7 dan 21 Desember 2020 secara Daring. Tujuan kegiatan ini guna menghasilkan kurikulum baku pengajaran BIPA di UNMUL, serta menciptakan bahan ajar yang menarik. “Sehingga BIPA di UNMUL memiliki kekhasan dan sudah memiliki kesiapan maksimal dalam penyelenggaraan BIPA di tahun yang akan datang, ungkap Kiftiawati, S.S., M.Hum, selaku Ketua Panitia kegiatan ini.

Lokakarya ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat, Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si. Saat memberikan sambutan, dirinya berharap kegiatan akademik ini akan mampu merumuskan sejumlah perencanaan mendasar seperti kurikulum dan bahan ajar sehingga BIPA UNMUL dapat menjadi pilihan bagi mahasiswa asing yang ingin belajar Bahasa Indonesia sekaligus budaya Kaltim.

Sementara itu, Ketua UPT. Layanan Internasional UNMUL, Widi Sunaryo, Ph.D menambahkan bahwa lokakarya ini penting untuk pengembangan BIPA di UNMUL. Kegiatan diikuti oleh 14 peserta yang merupakan para pengajar dan pegiat BIPA juga calon pengajar BIPA UPT LI UNMUL.

Pada hari pertama, Senin, (07/12) peserta mendapat materi Sejarah dan Perkembangan BIPA disampaikan oleh Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd yang merupakan Ketua Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Pusat, sekaligus saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Dilanjutkan penyampaian materi mengenai Kurikulum BIPA dari Dr. Ari Kusmiatun., M.Hum.

Tidak sampai disitu, peserta juga mendapatkan informasi terkini seputar Model Pembelajaran Berbasis Teks dari Wawan Gunawan, M.Ed., Ph.D. Pemateri berikutnya, dipresentasikan oleh Kepala UPT. Balai Bahasa UNMUL, Dr. Noor Rachmawaty., M.Ed yang membawakan materi Model Pembelajaran Berbasis Kemahiran.

Dihari yang sama, pengelola BIPA UPT. LI UNMUL, Sukemi, S.Pd., M.Sc bersama Pengajar Senior dan Pelatih Pembelajaran BIPA LBI, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia, Erni Catur Westi, S.S., M.Pd, secara bergantian masing – masing menjelaskan Format RPS dan RPP UNMUL serta RPS dan RPP BIPA. 

Sedangkan dihari terakhir, Senin, (21/12), peserta mendapat pembahasan dan review tentang RPS dan RPP yang telah dibuat dari Dewan Pembina APPBIPA, Dr. Felicia N. Utorodewo, M.Si. (fkip/kem/hms/frn)

 

Tanggal : 22 Desember 2020

Universitas Mulawarman