Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Hadi Mulyadi, Tokoh Inspirasif Bagi Mahasiswa PMM MBKM UNMUL

Bertajuk “Dari Hadi Mulyadi untuk Kalimantan Timur”, Pada Sabtu, 18 November 2023 Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar kegiatan modul nusantara Inspirasi untuk para mahasiswa PMM inbound batch 3. Bertempat di Ruang Rapat lantai 3, Gedung Rektorat UNMUL, Hadi Mulyadi didapuk sebagai tokoh inspiratif yang dinilai mampu menginsipirasi para mahasiswa Pertukaran MBKM. “Beliau merupakan sosok yang komplit. Pak Hadi ini Seniman, Pendidik, sekaligus politikus dan pejabat publik dengan jejek rekam yang sangat baik sehingga diharapkan mampu menginspirasi para mahasiswa PMM MBKM Unmul,” jelas Dr. Erwinantono, S.Si. M.Si. Kepala Pusat MBKM UNMUL dalam sambutannya.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga siang hari ini berlangsung semarak. Paparan inspiratif Hadi Mulyadi disampaikan secara hangat namun tetap penuh gagasan dan ide. Alumnus FMIPA UNHAS ini menyampaikan kisah hidupnya dengan epik. “Masa kecil saya dihabiskan dengan keterbatasan yang membuat saya gigih dalam melihat kehidupan. Dan awal dari itu semua adalah kasih sayang orang tua yang tepat dan mampu membuat kami tangguh menghadapi masa depan,” Tukas Hadi Mulyadi mengawali talkshow. “Arti nama Hadi itu adalah Harapan Ayah dan Ibu,” tambahnya.

Pria Kelahiran 9 Mei 1968 ini memaparkan bahwa ada 7 kunci yang bisa diambil menjadi inspirasi dari kehidupannya. Yang pertama adalah kerja keras dan memiliki cita-cita yang tinggi. “Hidup itu harus diawali dengan punya cita-cita  yang tinggi dan kerja keras dalam menggapainya. Dan sekecil-kecilnya cita-cita adalah membahagaikan orang tua,”  jelas Hadi seraya menjelaskan cerita masa kecil dan juga memori tentang kedua orang tuanya.

“Yang kedua adalah tulus dan ikhlas. Kunci kedua ini akan membebaskan beban berat saat kita bekerja dan mungkin masih belum sempurna karena setiap langkah selalu dikembalikan pada ketulusan. Sedangkan Kunci yang ketiga adalah kerja sama. Dunia ini tidak akan kita gapai jika kita tidak memiliki jejaring kerjasama. karena melalui kerjasama itulah potensi kita terhubung dan kita memiliki arena untuk menampilkan potensi itu,” ujar Hadi.

Lebih jauh, Hadi menjelaskan bahwa kunci yang keempat adalah bekerja dengan cinta dan jangan pernah lupa untuk berdoa. Paparan kelima kunci tersebut disampaikan Hadi dengan diselingi candaan yang relate dengan keadaan kekinian para mahasiswa. “Wanita itu dicintai bukan karena kecantikkannya tetapi dia menjadi cantik karena lelaki yang mencintainya,” sambut Hadi yang diikuti dengan gelak tawa para mahasiswa.

Selain paparan mengenai biografinya, suami dari Hj. Erni Makmur, ini juga menyampaikan jejak yang telah ia lakukan selama menjadi Wakil Gubernur Kalimantarn Timur (Kaltim) periode 2018-2023, “Alhamdulillah Kaltim menjadi provinsi dengan perubahan baik yang fundamental. Yang jelas dengan dipilihnya IKN nanti akan mengubah arah kebijakan terutama di sektor ekonomi. Selain itu Beasiswa Kaltim Tuntas juga menjadi capaian yang membanggakan dimana dana lebih dari 1 trilyun telah digelontorkan Pemprov Kaltim untuk 200 ribuan mahasiswa penerima manfaat.

Mengakhiri paparan inspiratifnya, Hadi kembali meneruskan, bahwa kunci keenam dalam hidupnya adalah jangan berhenti belajar. “Belajarlah kepada siapapun dan sampai kapanpun,” Ungkap Hadi. Selain itu, “Berorganisasilah agar kalian tahu dinamika manusia bisa sangat beragam. Dengan berorganisasi kita sebenarnya menyiapkan diri agar teruji menjadi lebih baik,” pungkas Hadi.

Dalam sesi tanya jawab, talkshow yang dipandu oleh Sanggita Emmanuella Pasaribu, dari Universitas Atma Jaya Yogyakarya ini, juga memunculkan tiga pertanyaan, yakni seputar motivasi kepemimpinan yang ditanyakan oleh Ariyandi Nur Fatkhi, dari Universitas Panca Sakti Tegal; Siti Fatimatuz Zahra dari Universitas Garut, yang bertanya tentang ekstraksi tambang batu bara di Kaltim; serta yang terakhir dari Putri Karimah STKIP Taman Siswa, Bima, NTB yang menanyakan tentang konteks kontribusi gen Z salam menyongsong masa depan bangsa Indonesia. Mengakhiri acara, Hadi Mulyadi menyampaikan bahwa “Saya bahagia sekali karena di sini melihat masa depan Indonesia, didepan saya adalah para para calon pemimpin kita yang akan meruskan perjalanan negara kita kedepan,” imbuh semangat Hadi Mulyadi kepada para mahasiswa. (*PMM MBKM/hms/zul)

Tanggal : 18 November 2023

Universitas Mulawarman