Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Gandeng PMI Kota Samarinda, Ikatan Residen Bedah Mulawarman Gelar Kegiatan Donor Darah

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dan solidaritas terhadap sesama, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Ikatan Residen Bedah Mulawarman bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Samarinda melaksanakan  kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan oleh Ikatan Residen Bedah Mulawarman yang bekerja sama dengan PMI Kota Samarinda. Kegiatan ini diselengarakan di Gedung Teaching Center FK UNMUL, Rabu (30/3/2022).

“Awalnya kegiatan donor darah ini sasaranya atau pendonornya dari Civitas Akademika FK UNMUL maupun dari Rumah Sakit tapi kita perluas untuk masyarakat umum juga. Kami mengharapkan agar bisa mendapatkan diatas 50 kantong darah sesuai dengan keperluan PMI Kota Samarinda,” kata Ketua Pelaksana Kegiatan Donor Darah,” dr. Bassam Alkatiri.

Kenapa kami melaksanakan sebelum bulan puasa, lanjut dr. Bassam, karena memang pada saat bulan puasa itu biasanya jumlah kantong darah di PMI itu kurang. “Sedangkan kebutuhan tidak berkurang, artinya keperluan untuk operasi tetap banyak dan lain-lain. Disitu kami berpikir untuk melaksanakan donor darah ini sebelum bulan puasa. Diharapkan bermanfaat untuk masyarakat. Program kemanusiaan seperti donor darah ini harus dijaga karena untuk kepentingan orang banyak” pintanya. (hms/zul).

Tanggal : 30 Maret 2022

Universitas Mulawarman