Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

FT UNMUL Resmi Lantik 108 Insinyur Angkatan Ke-II

Sebanyak 108 Insinyur Program Profesi Insinyur (PPI) Fakultas Teknik (FT) Universitas Mulawarman (UNMUL) dilantik dan diambil sumpahnya secara Daring dan Luring. Kegiatan ini dilaksanakan, Jum’at (18/9).

6 Peserta dilantik secara luring karena mengingat protokol kesehatan yang mana tidak bisa berkumpul lebih dari 20 orang, sehingga pelantikan kali ini hanya dihadiri oleh perwakilan dari Unsur Praktisi  Swasta, PNS dan Akademisi.

Rektor UNMUL yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNMUL Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono mengatakan selamat bahwa pada hari ini Anda semua akan disumpah sebagai insinyur profesional yang baru. “Saya kira dari sisi kemampuan atau profesionalisme. Saya yakin bapak ibu semua sudah teruji mengikuti program ini, artinya dari hasil penilaian memang sudah teruji dan terbukti memiliki kemampuan untuk menjadi insinyur profesional,” tuturnya.

“Hal yang lebih penting dari itu semua adalah yakni bagaimana bapak dan ibu dapat mengimplementasikan Kode Etik Insinyur Indonesia yakni Catur Karsa, Sapta Dharma Insinyur Profesional. Oleh karena itu sebenarnya bagian yang dituntut bagi setiap lulusan insinyur profesional. Hanya bekal itulah yang memungkinkan dengan kapasitas kemampuan bapak dan ibu miliki akan mampu juga memberikan penilaian yang lebih konkret,” jelas Prof. Agung.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Dr. Ir. Heru Dewanto, ST., M.Sc.(Eng)., IPU., ASEAN Eng. menyampaikan kepada para wisudawan yang dilantik dan diambil sumpahnya pada hari ini saya mengucapkan selamat karena mulai hari ini saudara-saudara semua dapat menempatkan gelar insinyur didepan nama bapak dan ibu sekalian. “Secara sah dapat melaksanakan praktek keinsinyuran dan legal sesuai dengan Undang-undang yang berlaku di tanah air kita. Kepada UNMUL saya mengucpkan selamat hari ini telah berhasil meluluskan insinyur-insinyur yang baru diangkat ke II,” pungkasnya.

Adapun yang akan melantik para Insinyur yakni, Rektor UNMUL atau diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono, IPU, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas sekaligus Koordinator Alumni Program Profesi Insinyur Dr. Ir. Bohari, M.Si,  dan Dekan Fakultas Teknik Ir. Muhammad Dahlan Balfas, ST., MT.

Berdasarkan laporan Dekan FT Ir. Muhammad Dahlan Balfas, S.T., M.T menuturkan bahwa Peserta PPI ini keseluruhan sejumlah 108 orang. “kami bersyukur proporsinya jauh lebih baik, karena angkatan kedua ini 70% dari pihak swasta dan praktisi. Artinya pentingnya Program Profesi ini dan pentingnya predikat atau sertifikat insinyur dalam menunjang karir dan pekerjaan masing-masing,” tambahnya.(hms/rmy/zul)

Tanggal : 18 September 2020

Universitas Mulawarman