Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

FT UNMUL Gelar Seminar Nasional Peringati Dies Natalis

Fakultas Teknik (FT) Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar kegiatan akademik dalam rangka memperingati Dies Natalis Fakultas ke 20. Sekaligus Dies Natalis ke 61 UNMUL yang jatuh pada tanggal 27 September 2023 yang akan datang. Gelaran tersebut dalam bentuk rangkaian acara Seminar Nasional.

Mulai dari Seminar Nasional Forum 2045 dengan tema “Menjaga Kekayaan Alam, Meluruskan Jalan dan Menghadirkan Keadilan untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat yang Berkelanjutan,” pada Selasa, (05/09).

Dilanjutkan dengan Seminar Nasional Rekayasa Tropis bertemakan "Inovasi, Riset, dan Pengembangan Energi Hijau dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan dl IKN" yang terlaksana keesokan harinya, Rabu, (06/09) yang kesemuanya berlangsung di Gedung Hexagon, FT UNMUL, Jalan Sambaliung, Kampus Gunung Kelua, Kota Samarinda.

Guru Besar Bidang Pengelolaan SDM, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono, M.M, Dr. Amin Subekti yang merupakan Co Founder Strategic Policy Institute. Serta Dosen Prodi Teknik Lingkungan FT UNMUL, Ir. Juli Nurdiana, M.Sc menjadi pemateri utama di kesempatan yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa FT dari 10 Program Studi itu.

“Forum 2045 adalah forum aktivis sosial juga forum akademisi dari berbagai disiplin UNMUL serta Perguruan Tinggi yang kegiatan diantaranya melakukan seminar di daerah – daerah. Dengan tujuan memberikan kontribusi pemikiran mengenai persoalan tantangan bangsa juga gagasan solutif ke depan dalam menyongong 100 tahun Indonesia merdeka. Seminar hari ini adalah hasil inisiatif dari Forum 2045 yang menyediakan wadah dialog berbagai pemangku kepentingan termasuk akademisi untuk menggali solusi inovatif,” ujar Ketua Panitia, Dr. Ir. Laode Ahmad Safar., M.T

Dekan FT UNMUL, Ir. M. Dahlan Balfas, S.T., MT., IPU memaparkan profil singkat Fakultas yang mulai berdiri sejak tahun 2003 tersebut. Fakultas yang mulai dirancang pada tahun 1999 dengan Program Studi D3 Teknik Pertambangan itu, disampaikannya memiliki konsep inti ilmu sebagai cita – cita awal adalah teknik pertambangan. Diharapkannya seiring berdirinya Fakultas Teknik dapat berkembang dan saat ini telah menetapkan Tropical Engineering sebagai arah utama perkembangannya.

“Tema yang diangkat hari ini sangat penting. Mari kita simak dengan baik dan berjalan secara interaktif dengan para narasumber. Kegiatan pada hari ini adalah serangkaian dari kegiatan dari peringatan Dies Natalis Universitas dan Fakultas,” katanya.

  

Rektor UNMUL sebelum membuka acara secara resmi menyampaikan ucapan selamat dan sukses untuk Dies Natalis FT UNMUL yang ke 20 tahun. “Melaju terus Fakultas Teknik untuk UNMUL Hebat mendukung Kaltim berdaulat, IKN Kuat dan mengahasilkan generasi emas 2045. Saya sampaikan apresiasi pelaksanaan kegiatan hari ini,” tuturnya.

Ilmu Engineering yang ada di FT UNMUL menurut hematnya adalah bidang yang terdepan dan sebuah tolak ukur untuk menghasilkan generasi emas bangsa ini. Dari sisi keteknikan dapat dilihat kemajuan pembangunan sebuah negara. Sehingga diakuinya, sangat penting keberadaan FT UNMUL yang sudah berdiri 20 tahun agar bisa menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing secara global.

“Juga mampu memiliki skill dan komunikasi terkait dengan engineering dimanapun berada dan mampu memberikan warna dalam pembangunan bangsa ini. Ke depan tentu berkontribusi untuk pembangunan IKN,” harapnya.  

Direncanakan agenda seminar berlanjut dengan Seminar Nasional Rekayasa Tropis yang akan diisi dengan pemateri yaitu Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Prof Mohammed Ali Berawi, M.Eng.Sc., Ph.D, Ir. Rozali Indra Saputra, S.T. M.Sc, selaku Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kalimantan Timur. Serta, Manager Environment Regional 3 Pertamina Hulu Indonesia, Kemas Adrian. (hms/frn)

 

Foto: Hartanto

Tanggal : 05 September 2023

Universitas Mulawarman