Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

FT UNMUL Adakan Kuliah Tamu dari PT. Indominco Mandiri (PT. IMM)

Dalam rangka menambah wawasan diluar kegiatan belajar mengajar bagi mahasiswa Fakultas Teknik (FT). Fakultas Teknik (FT) Universitas Mulawarman (UNMUL) khususnya Program Studi (Prodi) Teknik Sipil dan Himpunan Mahasiswa (Hima) Teknik Sipil menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema Konstruksi Jalan dengan Metode Chip Seal dengan Studi Kasus Jalan Hauling PT. Indominco Mandiri, yang menghadirkan narasumber dari PT. Indominco Mandiri. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelas Besar IV A2 FT UNMUL, Senin (14/05).

Ketua Prodi Teknik Sipil, Dr. Hj. Mardewi Jamal, ST., M.T menyampaikan terima kasih kepada narasumber dari PT. Indominco yang bersedia memberikan ilmu kepada mahasiswa kami. “Kami berharap kegiatan ini tidak sampai disini tapi mungkin akan berlanjut di tahun-tahun kedepan. Kegiatan seperti ini akan menambah wawasan adik-adik mahasiswa selain menambah ilmu pengetahuan mereka diluar materi-materi kuliah yang sudah didapatkan di kampus, “pintanya.

Sementara, Manajemen dari PT. Indominco Mandiri, Zainal Abidin menuturkan acara ini merupakan titik awal setelah melakukan penandatangan yang kita lakukan UNMUL dengan PT. Indominco Mandiri. Kuliah ini sangat penting bagi adik-adik tentunya juga termasuk juga penting bagi kita, karena satu hal yang kita harapkan dalam kuliah tamu hari ini khususnya bagian konstruksi chip seal. “Jadi, saya perlu sampaikan bahwa sebelum kita membahas mengenai chip seal ini, kita sudah menerapkan satu konstruksi. Yang mana konstruksi tersebut, disamping tidak ramah dengan lingkungan dalam hal ini pada musim kemarau dia berdebu dan pada musim hujan relatif menyebabkan becek,”tegasnya.

“Saya juga memperkenalkan bahwa PT. Indominco Mandiri ini, merupakan perusahaan tambang batu bara yang sudah beroperasi sejak tahun 1990 dan mulai kita berproduksi di tahun 1997. Perusahaan ini juga sangat spesifik keberadaannya, “jelasnya.

Kuliah tamu ini dibuka secara resmi oleh Dekan FT UNMUL Muhammad Dahlan Balfas, ST.,M.T. “Industri tambang itu bukan ilmu yang berdiri sendiri itu beda seperti geologi. Geologi kalau bukan orang geologi akan sulit berbica mengenai geeologi begitu juga dengan teknik sipil. Nah, teknik pertambangan adalah ilmu yang merupakan campuran dari semua bidang ilmu teknik sebenarnya. Disitu ada teknik geologi, disitu ada teknik sipil, ada teknik industri, teknik lingkungan jadi satu dokumen tambang yang lengkap,” kata Dekan FT UNMUL sebelum membuka acara resmi.

“Itulah yang selalu dimunculkan dalam bentuk amdal. Makanya tidak heran dari PT. Indominco mandiri memberikan kuliah di teknik sipil, bisa di teknik lingkungan, bisa diteknik industri. Karena memang mindset industri tambang itu jauh lebih luas dibandingkan dengan yang dipahami orang selama ini. Makanya saya bersyukur sekali bahwa hari ini sudah ada untuk mencoba transfer knowledge terkait dengan teknik sipil mengenai bidang konstruksi jalan. Jadi, saya pikir ini adalah langkah awal yang sangat baik, “paparnya. (hms/zul)

    

Tanggal : 15 Mei 2018

Universitas Mulawarman