Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

FPIK UNMUL Gelar FP2TPK Pertama: Menjadi Wadah Berbagi Pemikiran Pengembangan Sumber Daya Perikanan dan Kelautan Indonesia dan IKN

Pada penghujung bulan Februari 2024 ini, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman (FPIK UNMUL) menggelar pertemuan pertama bagi Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Ilmu Kelautan (FP2TPK) Indonesia yang dilaksanakan mulai 26 hingga 27 Februari 2024 di Hotel Merure Samarinda. Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh Rektor Universitas Mulawarman, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng, Walikota Kota Samarinda, Dr. H. Andi Harun, Dekan FPIK UNMUL, Dr. Ir. Komsanah Sukarti, MP, Ketua FP2TPK, Prof. Dr. Ir. Maftuch, M.Si. Adapun sesi perkenalan kepada tiga perusahaan yang diantaranya adalah PT. Laboratorindo Alam Bestari, PT. Bayan Resourses Tbk dan PT. Soulab Teknindo Gemilang yang ketiganya membuka booth pada acara ini yang dapat dikunjungi oleh para peserta dari forum pertemuan ini sendiri.


Dengan mengambil tema Penguatan Kompetensi dan Kelembagaan Kelautan Perikanan Berbasis Kurikulum Kearifan Lokal Menyongsong IKN, forum pertemuan ini diharapkan oleh Prof. Abdunnur dapat memberikan penguatan dalam bentuk pemikiran dan program dalam pembangunan perikanan dan kelautan di Indonesia kedepannya. “Kita juga mengevaluasi bentuk, dampak dan optimalisasi dari perikanan dan kelautan di Indonesia yang selama ini masih belum optimal karena masih rendah dalam indikator keberlanjutan sumber daya perikanan dan kelautan, baik nasional maupun internasional. Ini tentu perlu banyak pemikiran dari para pimpinan perguruan tinggi bidang perikanan dan kelautan.”, jelas beliau lebih jauh. 


Beliau pun berharap forum ini menjadi sebuah power yang sangat besar untuk berbicara tentang kebijakan tentang keberlangsungan bidang perikanan dan kelautan di Indonesia dan Ibu Kota Nusantara. Senada dengan itu, Dekan FPIK UNMUL , Dr. Ir. Komsanah juga menyampaikan harapannya dengan akan adanya berbagai ide terkait hilirisasi nantinya.


Ketua dari Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Ilmu Kelautan (FP2TPK) Indonesia Prof. Dr. Ir. Maftuch, M.Si menyampaikan bahwa tema  dari pertemuan pertama ini yaitu Penguatan Kompetensi dan Kelembagaan Kelautan Perikanan Berbasis Kurikulum Kearifan Lokal Menyongsong IKN dapat dijabarkan dalam empat aspek yakni Kompetensi, Kelembagaan, Kurikulum Kearifan Lokal dan IKN.


Pada pelaksanaan FP2TPK ini sendiri diisi dengan berbagai materi, antara lain:

  1. Adopsi Pulau dan Konsesi Ruang Laut oleh Dr. H. Andi Harun - Walikota Kota Samarinda yang juga merupakan Ketua ASPEKINDO atau Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia dan Ir. Suharyanto, M.Sc - Plt. Direktur Perenanaan Ruang Laut KKP yang dipandu oleh Prof. Dr. Ir. H. Iwan Suyatna, M.Sc., IPU
  2. Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal oleh Prof. Dr. Ir. Indra Jaya, M.Sc dan dipandu oleh Prof. Dr. Ir. Maftuch, M.Si

dan masih banyak lagi penyampaian materi lainnya hingga hari esok. (hms/tik)









Tanggal : 26 Februari 2024

FPIK IKN Forum Dekan Pemkot Samarinda Unmul