Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

FKIP UNMUL Laksanakan Kuliah Umum Kepakaran, Undang Narasumber Dari UNPAD

Program Studi (Prodi) S1 Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan menyelenggarakan Kuliah Umum Kepakaran. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Lecture Theatre, Gedung Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si., UNMUL HUB, Selasa (24/10/2023).

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Pendidikan MIPA FKIP UNMUL, Prof. Dr. Mukhamad Nurhadi, M.Si., menyampaikan dukungannya dengan kegiatan kuliah umum kepakaran yang bernuansa akademis. “Apalagi dengan mendatangkan narasumber yang hebat. Semoga sharing-sharing ilmunya bisa kita dapatkan. Kuliah umum seperti ini memang sangat digalakkan karena ini merupakan salah satu tuntutan Indikator Kinerja Utama (IKU) universitas dan juga mungkin salah satu penilaian akreditasi. Kebetulan kami di FKIP kami menggunakan LAMDIK. Salah satu indikatornya juga berapa kali program studi bisa melakukan kegiatan-kegiatan ilmiah seperti kegiatan kuliah umum,” jelas Prof. Nurhadi.

Untuk prodi kami, lanjut Prof. Nurhadi, berstatus akreditasi unggul. “Tentunya untuk mempertahankan unggul tidak mudah. Biasanya mempertahankan lebih berat daripada mengejar pencapaiannya. Mau tidak mau kedepannya Program Studi Kimia kalau sudah unggul levelnya sudah harus naik kelas salah satu, yakni akreditasi internasional,” ungkap Prof. Nurhadi.

Kegiatan Kuliah Umum Kepakaran ini dibuka oleh Dekan FKIP UNMUL yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. H. Zulkarnaen, M.Si. Dalam sambutannya mengatakan kuliah umum kepakaran yang dilaksanakan oleh Prodi Kimia sebagai prodi yang unggul wajib bagi kita untuk memantaskan diri bahwa memang prodi ini unggul. “Tentu bukan hanya Prodi Kimia tapi juga prodi-prodi yang lain. Bukan targetnya unggul itu sendiri. Tapi sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada Masyarakat. Bahwa kita sudah berusaha memberikan yang terbaik. Menjadikan lulusan-lulusan UNMUL supaya menjadi yang terbaik,” beber Dr. Zulkarnaen.

“Oleh karena itu, dengan status unggul. Prodi Kimia harus memantaskan diri dari segala aspek. Ini adalah salah satu bagian dari memperkuat atmosfer akademik. Kita sebagai bagian dari FKIP UNMUL, misi keilmuannya yaitu mengembangkan pengajaran dan pelajaran,” urai Dr. Zulkarnaen.

Narasumber dari kegiatan kuliah umum kepakaran ini mengundang Guru Besar dari Universitas Padjadjaran (UNPAD), yaitu, Prof. Dr. Atiek Rostika Noviyanti, M.Si., dan Prof. Dr. Tati Herlina, M.Si. (hms/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 24 Oktober 2023

Universitas Mulawarman