Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

FKIP UNMUL Kemukakan Hasil Riset di Seminar Nasional

Di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat Universitas Mulawarman (UNMUL), Senin, (21/10), Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), UNMUL menggelar Seminar Nasional dengan tema “Integrasi Hasil Riset Bidang Ekonomi pada Pengembangan Pembelajaran di Sekolah”

“Diseminasi hasil riset para Dosen di Prodi Pendidikan Ekonomi disampaikan dalam kesempatan seminar ini untuk diketahui masyarakat luas dalam proses pengembangan pembelajaran di sekolah - sekolah. Sehingga output dari kegiatan akademik ini sangat penting bagi para Guru yang hadir sekaligus untuk pengembangan institusi,” jelas Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan UNMUL, Dr. Ir. H. Abdunnur., M.Si, sebelum membuka acara secara resmi. Hal ini diakuinya, sudah menjadi sebuah benchmark kinerja bagi para akademisi, serta menjadi salah satu prinsip dasar dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Bahkan kegiatan seperti ini lanjutnya, bisa dikatakan kegiatan yang wajib dilaksanakan, karena UNMUL selalu berupaya mempromosikan institusi melalui kultur budaya akademik, dan lompatan – lompatan akademik. “Dengan posisi UNMUL sebagai universitas unggul, tentunya harus selalu didukung dengan berbagai aktivitas akademik yang terpublikasi. Dukungan itu bisa ditopang dari Prodi – Prodi yang ada di Kampus ini,” harapnya.

Tantangan agar memiliki daya saing, sebut mantan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) ini, akan dihadapi UNMUL sebagai universitas terbesar dan tertua di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Terlebih dengan keputusan Pemerintah Pusat yang menetapkan Provinsi Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru. “Semoga kegiatan seminar nasional ini bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai keinginan dan tujuan bersama,” tambahnya.

Senada, Dekan FKIP UNMUL, Prof. Dr. Muh. Amir M., M. Kes menyatakan, kegiatan ilmiah seperti ini sudah menjadi budaya akademik di semua Prodi yang ada di FKIP, termasuk Prodi Pendidikan Ekonomi. Tema yang diangkat ungkapnya, cukup tepat dipilih karena pada dasarnya kegiatan – kegiatan penelitian harus diimplementasikan dan di publikasikan. “Dari hasil riset yang disampaikan hari ini, ke depan tujuannya agar bisa diadopsi dalam aktivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNMUL, Noor Ellyawati, S.Pd., MM, menginginkan dari acara ini didapatkan sumbangsih pemikiran dan material pembelajaran ekonomi di sekolah. Peserta dalam seminar ini paparnya, adalah para Guru dari tingkat SD hingga SMA di Kaltim, serta para mahasiswa Pendidikan Ekonomi.

“Terima kasih atas segala dukungan sehingga terlaksana kegiatan hari ini. Harapan kami semoga para peserta bisa menyimak seminar dari awal hingga akhir sehingga kita bersama mendapatkan manfaat. Semoga seminar serupa tahun depan bisa terlaksana lebih baik,” tuturnya.

Narasumber pada seminar yang dimoderatori oleh Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd tersebut, materi berjudul “Implementasi Karakter dalam Pembelajaran Ekonomi Sebagai Dasar Pembentukan Sikap dan Perilaku Ekonomi” dipaparkan oleh Dosen dari Universitas Negeri Malang, Dr. Rahmatullah, S.Pd., M.E.

Adapula pemateri lainnya yang merupakan Dosen FKIP UNMUL yakni, Dr. G. Simon Devung, M.Pd., M.Si dan Dr. Reza, S.Pd., M.Pd yang membawakan pembahasan “Penguatan Pendidikan Karakter Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal”. (hms/frn)

 

Foto: Firdan Farezal

Tanggal : 21 Oktober 2019

Universitas Mulawarman