Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

FK UNMUL Bersama BKKBN Gelar Bhakti Sosial

Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Fakultas Kedokteran (FK) bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Timur menggelar Bhakti Sosial Pelayanan KB Impian dan IUD, Kamis (12/3).

Dihari sebelumnya, kegiatan ini diawali dengan program pre-service training pelayanan KB bagi para dokter  muda FK UNMUL. “Kemampuan pemasangan IUD dan Implan merupakan kompetensi dokter umum yang harus mereka dapatkan. Ini adalah bekal bagi dokter-dokter muda yang magang di sejumlah rumah sakit di daerah,” tutur drg. Verry Asfirizal, M.Kes, Wakil Dekan II FK UNMUL.

Dengan adanya, lanjut drg. Verry, pelatihan ini, ilmu yang didapat para mahasiswa cukup lengkap dari teori hingga praktek  langsung kepada pasien atau akseptor. “Untuk itu kami sangat berterima kasih dengan Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur dan semoga kerjasama kegiatan ini dapat terus berlanjut", imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Perwakikan BKKBN Kaltim, Drs. Eli Kusnaeli, MMPd., menerangkan bahwa kehadiran pre service training ini akan memperkuat BKKBN dalam memberikan kualitas pelayanan KB kepada masyarakat. "Sebagaimana arahan dari BKKBN di tingkat pusat, kami di perwakilan provinsi berupaya meningkatkan kinerja dan kerjasama dengan seluruh mitra, salah satunya adalah Fakuktas Kedokteran Universitas Mulawarman. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan akan tersedia tenaga kesehatan yang kompeten dan tersertifikasi dalam pelayanan KB untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di fasilitas kesehatan", pungkas Eli. (hms/rob)

Foto : Hartanto

Tanggal : 12 Maret 2020

Universitas Mulawarman