Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

FIB UNMUL Laksanakan Kuliah Umum Secara Online

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Menyiapkan Generasi Tangguh Melalui Penguatan Budaya” yang dilaksanakan melalui zoom meeting, Selasa (24/08/2021).

Dekan FIB UNMUL Dr. H. Masrur Yahya, M.Hum menyampaikan kepada para mahasiswa untuk rajin membaca dalam memanfaatkan waktu senggang. “Karena mereka yang membaca, akan berbeda dengan mereka yang tidak membaca. Selain itu, kepada mahasiswa baru juga diharapakan untuk tidak ragu bertanya kepada dosen jika ada yang tidak dipahami, juga berkomunikasi dengan kakak tingkat untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki. Bagaimana mengatur waktu, kitalah yang menguasai waktu, bukan sebaliknya,” pintanya.

Lebih lanjut, Dekan FIB menuturkan, tujuan umum dalam kuliah umum ini adalah mengerti manfaat dari mengatur waktu kita, belajar membuat prioritas dan rencana yang dijalankan, cara menghindari kebuntuan dalam mengatur waktu, membuat aktivitas untuk mencapai target kita, bagaimana mengukur efektivitas pekerjaan kita. “Kita tidak menyadari bahwa kita bisa mengatur waktu, kita juga tidak menyadari bahwa kita banyak membuang waktu. Kita tidak merasa bahwa kita memiliki waktu yang terbatas, waktu juga tidak dapat dibeli dan disimpan, juga berjalnnya waktu tidak bisa dihentikan,” jelas Dr. Masrur Yahya.

Bagaimana mengatur waktur, tambahnya, dengan membuat prioritas dan rencana, memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, mengontrol penggunaan waktu, deal dengan penyebab menunda rencana, membuat rencana kerja yang efektif dan efisien. Dekan juga mengajak untuk memaksimalkan penggunaan waktu yaitu, disiplin, berani mengatakan tidak, golongkan kegiatan menurut jenisnya, ketahui siklus energi kita.

Kuliah umum ini dilaksanakan selama 2 hari (24-25/8/2021) yang diikuti para Sivitas Akademika FIB UNMUL. Hari pertama dengan narasumber yaitu, Dekan FIB UNMUL Dr. H. Masrur Yahya, M.Hum, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni FIB UNMUL Setyawati Surya, M.Pd, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FIB UNMUL Prof. Dr.M. Bahri Arifin, M.Hum, serta Kiftiawati, S.S., M.Hum. Di hari kedua dengan narasumber yaitu, Koordinator Program Studi Sastra Inggris Singgih Daru Kuncara, M.Hum., Koordinator Program Studi Etnomusikologi Asril Gunawan, M.Sn., serta Koordinator Program Studi Sastra Indonesia Dahri Dahlan, M.Hum.(hms/zul)

Screen Shoot: Rizki Ayunda Pratiwi

Tanggal : 24 Agustus 2021

Universitas Mulawarman