Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

FIB UNMUL Gelar Sesanti 2023 dengan Tajuk Membumikan Kesadaran Multikultural Masyarakat Melalui IKN

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan Seminar Nasional Bahasa, Sastra dan Seni (Sesanti) tahun 2023. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Grand Ballroom Hotel Aston, Samarinda, Rabu (26/7/2023). Kegiatan Sesanti 2023 kali ini mengangkat tema “Membumikan Kesadaran Multikultural Masyarakat Melalui Ibu Kota Negara Nusantara (IKN)”.

Dalam laporannya Ketua Panitia Sesanti 2023, Singgih Daru Kuncara, M.Hum., memaparkan Sesanti ini adalah acara 2 tahunan dari FIB UNMUL., sebelumnya juga kita sudah melaksanakan di tahun 2019 dan 2021. Insya Allah tahun 2025 adalah lagi tentu dengan tema yang berbeda. “Jumlah materi yang diseminasikan hari ini yaitu berjumlah 44 paper. Pemateri berasal dari tentu dari internal kami Dosen FIB UNMUL, baik Dosen Sastra Inggris (Sasing), Dosen Sastra Indonesia (Sasindo) dan Dosen Etnomusikologi. Ada dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNMUL dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FIKP) UNMUL. Ada juga pemateri dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Universitas Udayana (Unud), Universitas Palangka Raya (UPR), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Haluoleo, Universitas Widya Gama Mahakam dan Kantor Bahasa Kaltim,” jelasnya.

“Tema yang berkaitan dengan multikultural diangkat untuk Sesanti tahun 2023 ini. Kalau disederhanakan multikultural ini bagaimana kita memaknai persamaan dan perbedaan. Jadi memaknai secara positif sehingga terbangun kesadaran multikultural. Selain multikultural kami juga mengangkat tentang IKN kita meyakini tiba saatnya akan ada pemindahan manusia. Itu adalah pemindahan manusia yang cukup besar, satu sisi itu merupakan potret yang baik untuk keberagaman tapi potensi gesekan juga ada untuk itulah tugas kita semua untuk membangun kesadaran multikultural untuk menghilangkan potensi-potensi yang tidak kita inginkan,” urai Singgih Daru Kuncara, M.Hum., yang juga sebagai Koordinator Program Studi (Prodi) Sastra Inggris (Sasing) FIB UNMUL.

Sementara Dekan FIB UNMUL, Dr. H. Masrur, M.Hum., menyampaikan acara Sesanti ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksankan per 2 tahun. “Kegiatan ini juga pernah kita lakukan pada tahun 2021 dan tahun 2019. FIB khususnya dan UNMUL pada umumnya sedang bekerja untuk menggapai pengakuan publik sebagai universitas yang berkualitas dalam melaksanakan manajemen mutu menuju World Class University yang sudah dirancang dalam beberapa tahun ini. Kualitas ini adalah kualitas yang berimbang dalam seluruh bidang penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Dekan FIB UNMUL.

Lebih lanjut Dekan FIB menambahkan, seminar nasional ini tentu saja akan dapat memberi manfaat atau kontribusi positif bagi pengembangan FIB itu sendiri dan UNMUL pada umumnya pada masa kini dan masa yang akan datang. “Perkembangan yang dimaksud baik dari sisi materi, penelitian ataupun pengembangan teknologi dan pembelajarannya serta pembentukan karakter sifat-sifat dari keilmubudayaan itu sendiri,” imbuh Dekan FIB UNMUL.

Kegiatan Sesanti 2023 ini dibuka oleh Rektor UNMUL yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Keuangan, Ir. Sukartiningsih, M.Sc., Ph.D., IPU. “Kegiatan Sesanti ini sangat luar biasa dan saya sangat mengapresiasi. Karena sejak berdirinya FIB sudah dilaksanakan. Rutin diselenggarakan selama 2 tahun sekali dan berkelanjutan. Melalui kegiatan ini bagaimana kita menggaungkan budaya-budaya yang ada di Kaltim pada kancah nasional dan internasional,” tutur Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan UNMUL, Ir. Sukartiningsih, M.Sc., Ph.D., IPU., dalam sambutannya.

“Kita cukup berbangga karena kita hidup di Bumi Etam. Keadaan disini sangat harmonis sekali, itu semua karena kebersamaan. Sesungguhnya ragam kebudayaan kita itu banyak, tapi kita bisa hidup berdampingan dan harmonis dan mengisi satu sama lain. Dengan adanya seminar ini, bisa memberikan masukan ke Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat,” pinta Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan.

Dalam kegiatan Sesanti 2023 juga dihadiri Para Dekan Fakultas di Lingkungan UNMUL atau yang mewakili, Dekan pertama FIB yang juga pendiri FIB UNMUL, Surya Sili, Ph.D., mitra FIB UNMUL dari Dinas Pariwisata baik Provinsi maupun Kota, Dinas Pendidikan baik Provinsi maupun Kota, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan baik Provinsi maupun Kota, Kantor Bahasa, Taman Budaya, serta Para Kepala UPT di Lingkungan UNMUL. (hms/zul)

Foto: Sulkarnain

Tanggal : 26 Juli 2023

Universitas Mulawarman