Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

FEB UNMUL Laksanakan Yudisium Luring Secara Drive Thru

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan Yudisium secara drive thru. Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman dan Lobby Dekanat FEB UNMUL, Sabtu (12/12).

“Pelaksanaan Yudisium (pelepasan lulusan) Gelombang IV dilakukan dengan modifikasi atau kombinasi antara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Pelaksanaan yudisium daring dilaksanakan tanggal 10 Desember 2020 dengan standar acara yudisium seperti biasa. Selanjutnya disambung dengan luring secara drive thru pada 12 Desember 2020 setelah mahasiswa mengikuti wisuda UNMUL,” kata Ketua Panitia Yudisium FEB UNMUL Gelombang IV yang juga Wakil Dekan Bidang Akademik UNMUL F. Defung, S.E., M.A., Ph.D.

Lebih lanjut, F. Defung, Ph.D menambahkan, yudisium atau pelepasan lulusan ataupun wisuda adalah momen istimewa buat lulusan yang bisa dirayakan bersama keluarga atau pasangan. “Ditengah pandemi ini dibutuhkan extra kreatifitas atau modifikasi untuk mengakomodir kebutuhan lulusan antara lain mendapatkan dokumen akademiknya, menghadirkan momen perayaan penyerahan dokumen itu sehingga bisa diabadikan namun tetap memperhatikan keamanan dan protokol Covid-19. Dengan demikian kami berharap alumni bisa punya sedikit kebahagiaan dan kenangan dalam merayakan keberhasilan mereka menyelesaikan studinya di FEB UNMUL,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan FEB UNMUL Prof. Dr. Hj. Syarifah Hudayah, M.Si mengungkapkan bahwa pelaksanaan drive thru ini diselenggarakan setelah wisuda karena kami memang ingin mahasiswa sekalian menerima ijazahnya, biar lengkap dokumennya sehingga dilakukan setelah secara resmi diwisuda oleh Rektor pada Sabtu pagi hari dan sore harinya bisa menerima ijazah. “Pertimbangan untuk menyelenggarakan pelepasan dengan kombinasi secara luring dan daring ini adalah karena Covid-19 yang masih belum berakhir sehingga tidak memungkinkan diadakan seperti biasanya. Yang tak kalah pentingnya, fakultas bisa menyerahkan dokumen para lulusan secara langsung, karena pengalaman mengirim transkrip pada periode sebelumnya mengalami beberapa kendala,” tutur Prof. Syarifah.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNMUL itu juga menerangkan bahwa lulusan bisa mendapat kenangan dan merayakan keberhasilannya dengan kesempatan menerima langsung dokumen akademiknya sehingga diharapkan terdapat kesan positif kelak sebagai alumni. “Luring dilaksanakan dengan mekanisme drive thru di ruang terbuka dengan penerapan protokol Covid-19 yang sangat ketat (bermasker, berjarak dan tidak bersalaman) sehingga meminimalisir potensi penularannya. Mekanisme pelaksanaan drive thru menjamin tidak terjadi penumpukan atau kerumunan peserta. Kegiatan inipun telah kami laporkan ke Rektor UNMUL dan Satgas Covid-19 UNMUL melalui surat,” ungkap Prof. Syarifah. (hms/zul)

Foto: Humas FEB UNMUL

Tanggal : 12 Desember 2020

Universitas Mulawarman