Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Fasilitasi dan Syiarkan Pasar Kerja, UNMUL Gelar Job Fair Batch 1 Tahun 2024


Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (Perkasa) menyelenggarakan Job Fair Batch 1 Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Lobby Hotel Mercure, yang diselenggarakan selama 2 hari (28-29/2/2024).

“Job Fair Batch 1 Tahun 2024 ini akan diikuti oleh 40 perusahaan atau mitra, dengan jenis lowongan atau posisi sebanyak 165 atau lowongan perorangan sebanyak 780 dan total pendaftar pencari kerja sebanyak 1.053 orang. Dengan kegiatan ini kami berharap pencari kerja terutama alumni-alumni UNMUL mendapatkan informasi yang seluas-luasnya dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang dan juga harapannya. Begitu juga dengan Perusahaan atau mitra kami berharap dengan kegiatan ini mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan, kriteria dan syarat yang ditentukan,” ungkap Ketua Panitia Job Fair UNMUL Batch 1 Tahun 2024, Sukriadi, S.Pd., M.Pd.


Kepala Pusat Pasar Kerja (Pasker ID) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Muchamad Yusuf, S.T., M.Si., mengucapkan terima kasih atas inisiasi dan peran serta dukungan dari UNMUL. “Kami tidak juga tidak bisa bekerja sendiri tentu ada kolaborasi dari yang lain. Karena kami ingin semangat kolaborasi yang kita bangun,” imbuhnya.

Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng., menuturkan Job Fair yang dilaksanakan oleh UPT Perkasa UNMUL untuk mensyiarkan pasar kerja. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan pada hari ini. Job Fair ini dilaksanakan untuk memfasilitasi dan memediasi lulusan UNMUL yang dalam setahun itu ada 4 kali wisuda. Setiap wisudanya sekitar 1.500 bahkan sampai 1.700, rata-rata dalam satu tahun menghasilkan lulusan sekitar 6.000 lulusan,” jelas Prof. Abdunnur.

Lebih lanjut Rektor menambahkan bahwa UNMUL tidak hanya meluluskan mahasiswanya yang besar, tapi juga kita memfasilitasi lulusan siap diterima di pasar kerja. “Tentu sebagai Rektor, saya sangat mengapresiasi UPT Perkasa melalui binaan Pak WR 3 dan juga dukungan dari berbagai pihak, baik Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melalui Pusat Pasar Kerja. Maupun dukungan dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Kaltim dan Dinas Ketenagakerjaan Kota Samarinda,” tutur Rektor.

“Kedepan UNMUL melalui UPT Perkasa menyiapkan lulusan UNMUL siap bekerja. Tentu harus dibekali dengan kompetensi, kualifikasi dan profesional. UNMUL juga tidak ingin sendiri, UNMUL ingin bersama-sama dengan perguruan tinggi lainnya, baik PTN maupun PTS yang ada di Kaltim itu bisa kita harmonisasi, fasilitasi dan mediasi. Termasuk menyiapkan skill peningkatan profesional,” urai Prof. Abdunnur. (hms/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 28 Februari 2024

Universitas Mulawarman Kementerian Ketenagakerjaan Pusat Pasar Kerja Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Kaltim Dinas Ketenagakerjaan Kota Samarinda