Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Faperta UNMUL Gelar Pelatihan Penyembelihan Unggas

Pelatihan Penyembelihan Unggas ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal) dilakukan oleh Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Mulawarman (UNMUL) bersama Unit Layanan Strategis (ULS) Halal Center UNMUL, dan LPPOM MUI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Gedung Bundar Rahmad Hernadi Lantai Dua, Faperta UNMUL.

Kegiatan ini terlaksana dalam rangka pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) di Faperta UNMUL yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DPRM) Kemenristekdikti, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNMUL untuk memberikan pengarahan penyembelihan unggas yang baik bagi pelaku usaha penyembelihan unggas, mahasiswa, dan alumni.

Ketua Panitia, drh. Fikri Ardhani, SKH, MSc melaporkan, pelaihan ini diikuti 30 peserta se Kaltim. Di acara ini juga diisi penyampaian informasi tentang kajian fiqih penyembelihan hewan, aspek kesmavet dan kesrawan hewan, prosedur sertifikasi halal RPU serta sainitasi dan higiene produk asal RPA hingga praktek penyembelihan ungags dan sanitasi.

“Di UNMUL ada tiga kegiatan penting bagi para dosen, yaitu mengajar, meneliti, dan pengabdian pada masyarakat. Di kampus UNMUL, inti semua kegiatan basicnya adalah penelitian, karena dipenelitian itu menjadi bahan ajar dan pengabdian pada masyarakat,” pungkas Sekretaris LPPM UNMUL, Prof. Dr. Enos Tangke Arung, S.Hut., MP. Kegiatan ini sambungnya, dirasa sangat penting sehingga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

“Saya berharap melalui kegiatan ini Faperta dapat mendorong terbentuknya rumah potong hewan di Kampus. Kegiatan ini memberikan dampak dan manfaat yang baik, sehingga paparan dari narasumber bisa diaplikasikan dalam membuka usaha-usaha yang lain,” katanya dalam pelatihan yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan Faperta UNMUL, Nurul Puspita Palupi, S.P., M.Si. Selasa, (22/10). (hms/frn)

 

Foto: Hartanto

Tanggal : 22 Oktober 2019

Universitas Mulawarman