Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Dorong Menjadi Prodi Unggul, LP3M UNMUL Adakan Sosialisasi Program Bantuan Pengembangan SPMI

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan sosialisasi program bantuan pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), di Hotel Selyca Mulia Samarinda, Sabtu (24/4).

Dalam laporannya Ketua LP3M UNMUL Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si menjelaskan UNMUL mendapatkan hibah untuk SPMI dalam memperkuat sistem penjaminan mutu di lingkungan program studi (prodi) yang masih baru sehingga masih memperoleh akreditasi C. “Perlu kami sampaikan bahwa UNMUL saat ini ada 93 prodi dan ada yang beberapa tidak atau belum menerima mahasiswa sehingga sebetulnya kurang dari 90 prodi yang belum menerima mahasiswa. Diantaranya ada 68 prodi yang memperoleh akreditasi A dan B, ada 15 prodi yang berakreditasi A dan 53 prodi yang berakreditasi B, kemudian sisanya masih berakreditasi C. Mudah-mudahan dengan Hibah ini, ditahun depan tidak ada lagi prodi yang masih berakreditasi C,” urai Prof. Lambang.

Lebih lanjut, Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNMUL ini menyatakan bahwa, tujuan dari program ini adalah mendorong prodi-prodi yang masih berakreditasi C untuk segera memperbaiki Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sehingga tahun ini kita bisa membenahi proses SPMI nya sehingga tahun depan tidak ada lagi prodi yang berakreditasi C. “Sedangkan prodi yang berakreditasi B, kami harapkan segera mengikuti program ISK, karena program ISK ini akan menaikkan status kita dari yang B atau A menjadi baik sekali dan unggul dan jika tidak berhasil akan kembali ke asalnya namun kemungkinan tidak berhasil rasanya kita bisa memperkirakan kecil karena kita sudah bisa merancang dari dari awal dan tidak ada lagi visitasi sehingga kita hanya berbasis dokumen saja. SPMI yang kita bangun tentu saja sangat berpengaruh dan bisa digunakan untuk pengembangan prodi yang lain sehingga pada akhirnya di lingkungan UNMUL tidak ada lagi yang B semua akan   menjadi unggul dan kita akan menjadi universitas yang disegani,” harapnya.

Sementara, Rektor UNMUL yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono mengatakan alhamdulillah sore ini sudah bisa melaksanakan kegiatan awal dari pelaksanaan awal bantuan hibah untuk SPMI yang kedua tentu saja kita bersyukur bahwa UNMUL telah melalui suatu proses yang cukup sengit atau kompetitif maka pada akhirnya kita bisa memperoleh bantuan 8 prodi dari 5 fakultas untuk bisa memperoleh bantuan hibah dalam rangka untuk penyempurnaan ataupun kelembangaan mutu. “Tentu saja kebahagiaan ini merupakan wujud dari upaya kita dari yang kita lakukan selama ini. Kami berusaha agar prodi-prodi di lingkungan UNMUL secara terstruktur untuk meningkatkan kualitasnya,” tegasnya.

“Tantangan UNMUL kedepan tentu semakin berat karena sudah sering muncul diberbagai tayangan, bahwa dalam waktu dekat pembangunan Ibu Kota Negara yang baru itu akan segera dimulai dan dipastikan akan menjadi banyak sekali daya tarik perguruan tinggi, baik universitas maupun akademi untuk beroperasi di Ibu Kota Negara yang baru. Sebagai tuan rumah dan universitas tertua di Kalimantan Timur tentu kita berupaya agar UNMUL justru menjadi pilihan pertama jadi banyak perguruan tinggi baik lokal, nasional bahkan internasional di Ibu kota Negara yang baru. Sepertinya memang masih sangat lama tetapi kalau tidak kita persiapkan sejak sekarang maka kita tentu akan terlambat. Jadi saya bersama seluruh Wakil Rektor dan komponen yang ada sangat berupaya agar cita-cita UNMUL untuk menjadi World Class University pada tahun 2032 bisa segera direalisasikan bahkan lebih cepat dari  tantangan yang kita miliki dan itu hanya bisa kalau kita semua bekerja sama untuk mewujudkan itu salah satunya adalah melalui proses Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI),” tutur Prof. Agung.

Selain melaksanakan sosialisasi, kegiatan yang diinisiasi oleh LP3M ini juga melakukan penandatangan dokumen deklarasi Sistem Penjaminan Mutu Internal antara Rektor dengan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Dekan Fakultas Teknik (FT), Dekan Fakultas Kedokteran (FK) dan Dekan Fakultas Ilmu Budaya.

Sedangkan untuk materi sosialisasi sesi I tentang SPMI dan Komitmen Pimpinan disampaikan oleh Ketua LP3M UNMUL Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si. Materi Sosialisasi Sesi II membahas mengenai SPME dan PDDIKTI yang disampaikan oleh Sekretaris LP3M UNMUL Dr. Hamdi Mayulu, S.Pt., M.Si. Materi Sosialisasi sesi III disampaikan oleh Penny Pujowati, S.P., M.Si.

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring dan daring ini dihari para Wakil Rektor, Dekan FEB, Dekan FMIPA, Dekan Teknik, Dekan Kedokteran, Dekan Ilmu Budaya, para Koordinator Prodi, Para Koordinator Gugus Jaminan Mutu, serta para Unit Jaminan Mutu Prodi. (hms/zul)

Foto: Robby Adhitya

Tanggal : 26 April 2021

Universitas Mulawarman