Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

DJPPR Kemenkeu RI Beri Kuliah Umum dalam Ajang Infest Goes to Campus

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI berkolaborasi dengan Universitas Mulawarman (UNMUL) sukses menggelar acara bertajuk Infest DJPPR Goes to Campus sebagai sarana edukasi publik dalam bentuk kuliah umum dan dialog bersama akademisi serta mahasiswa. Secara virtual, Peran Pembiayaan Infrastruktur dalam Mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional menjadi tema utama kegiatan.  

Kampus UNMUL dipilih menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) penyelenggara dalam rangkaian Infest Goes to Campus tahun 2021 karena diyakini para civitas akademika UNMUL memiliki potensi besar menjadi agen perubahan dalam edukasi literasi keuangan di Kalimantan Timur dan sekitarnya.

Rektor UNMUL menyampaikan, berbagai literasi dan edukasi tentang pengelolaan keuangan dalam kegiatan ini merupakan hasil kerjasama DJPPR Kemenkeu RI dengan LP2M UNMUL, dalam tema yang  bermakna dan menjadi hal yang penting untuk diketahui bersama.

“Kita sadari bersama dampak Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia berdampak pada segi perekoinomian kita, sehingga kita semua diminta memposisikan diri apa saja yang bisa kita lakukan dan berperan aktif agar pemulihan ekonomi nasional dapat terwujud,“ungkap Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si sesaat sebelum membuka acara secara resmi. Kamis, (08/04).

DJPPR sambungnya, mengambil peran penting bekerjasama dengan komunitas dan berkolaborasi dengan UNMUL guna memberikan pemahaman terkait dengan pengelolaan keuangan dan pembiayaan. “Pengelolaan keuangan dan pembiayaan pada kondisi pandemi seperti saat ini perlu percepatan dan mengambil peran apa yang bisa dilakukan untuk pemulihan ekonomi yang berdampak sekarang,” sebutnya.

Meski begitu ditegaskannya, dalam pengembangan sumber daya manusia di dunia pendidikan Pemerintah tidak pernah berhenti bekerja melalui berbagai inovasi dan kebijakan dalam rangka pemulihan ekonomi.

“Dalam kesempatan ini para pakar yang kompeten akan memberikan informasi dan pemahaman terkini dan menjadi sarana diskusi bersama. Selaku Rektor saya berterima kasih karena UNMUL sudah dipercaya menjadi mitra dalam memberikan informasi dan edukasi terhadap aktivitas ini, Ke depan, kita semua harus berperan dalam meningkatkan perekonomian nasional,” tambahnya.

Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur, DJPPR Kemenkeu, Ir. Brahmantio Isdijoso., M.S menjadi narasumber kuliah umum yang dihadiri lebih dari 1.000 peserta itu menuturkan, dampak Pandemi Covid-19 pada seluruh aspek, termasuk pada kemampuan domestik dalam pemenuhan kebutuhan pembangunan infrastruktur serta pengembangan skema pembiayaan infrastruktur akibat pandemi.

Melengkapi pemaparan tersebut, sebagai penanggap dalam kuliah umum, peran pembiayaan infrastruktur dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional turut disampaikan pula oleh Felisitas Defung, SE.,MA.,Ph.D, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNMUL sekaligus Wakil Dekan Bidang Akademik di Fakultas tersebut.

Tidak hanya kuliah umum semata, sebelumnya pada sesi Keynote Speech diutarakan langsung oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko, Kemenkeu RI, Dr. Luky Alfirman, ST., MA serta telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama edukasi DJPPR dan UNMUL yang dilakukan oleh Rektor bersama Sekretaris DJPPR. Diakhir acara Infest DJPPR Goes to Campus kali ini, selain pengumuman kuis berhadiah, ditutup  penampilan video musik dari mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional UNMUL. (hms/frn)

Tanggal : 08 April 2021

Universitas Mulawarman