Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Diskusi Publik: Refleksi APBD Antara Harapan dan Tantangan

Melalui Zoom Cloud Meeting, Sabtu, (03/04), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Kabinet Sinergi Asa, Universitas Mulawarman (UNMUL) menginisiasi terlaksananya Diskusi Publik yang menghadirkan tiga narasumber utama yaitu, H.Ananta Fathurrozi,S.Sos,M.Si Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kota Samarinda, Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda, Ir.Angkasa Jaya Doerani dan Purwadi.,SE,M,.Si, Dosen dari FEB UNMUL.

Diskusi Publik dan Open House tersebut mengangkat tema tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dengan topik “Refleksi APBD Harapan Atau Tantangan”. Acara ini bertujuan untuk mencerdaskan peserta diskusi khususnya mahasiswa mengenai APBD. Selain itu, dalam kegiatan akademik ini, peserta memperoleh pengetahuan tambahan mengenai langkah atau tindakan apa yang akan dilakukan dari hasil opini maupun kajian yang sudah dibuat.

Dipemaparan materi, Kepala Bappeda Kota Samarinda, menyampaikan Siklus Perencanaan dan Penganggaran Tahunan Pemerintah Kota Samarinda. Dalam kesempatan yang sama dijabarkan pula kekuatan anggaran di Ibukota Provinsi Kalimantan Timur ini.

Kota Samarinda jelasnya, dalam penguatan ketangguhan daerah berkaitan dengan pemulihan ekonomi dampak Pandemi dimana akselerasi pertumbuhan ekonomi serta produktif dan aman dari Covid – 19 harus memperhatikan dimensi kesehatan atau perkembangan penyakit, kapasitas layanan, kesehatan serta kesiapan sosial dan ekonomi.

  

“Diperlukan dukungan program prioritas pada penguatan ekonomi atau sumberdaya manusia dan pertumbuhan yang berkualitas. Adapun strategi mempercepat pemulihan ekonomi dan penguatan ketangguhan daerah adalah perlu dilakukan dengan mendorong akselerasi, eksekusi dan mendorong efektivitas program dan kebijakan yang sudah dikeluarkan dan dijalankan oleh Pemerintah Pusat maupun daerah dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait,“ jelasnya.

Arah pembahasan diskusi yang disambut antusias oleh mahasiswa itu, turut pula mengulas seputar pembagian dana APBD dan Penurunan APBD dari tahun sebelumnya. Peserta juga mendapatkan penjelasan tentang keefektifan program Pemerintah Kota terhadap APBD, hingga menganalisis perekonomian Kota Samarinda. (hms/frn)

Tanggal : 05 April 2021

Universitas Mulawarman