Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Dilantik Jadi Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Pramuka, Rektor: Semoga Gerakan Pramuka di UNMUL Bisa Lebih Eksis Lagi

Dalam sebuah acara yang penuh semangat dan harapan, Majelis Pembimbing dan Pembina Gugus Depan Gerakan Pramuka Samarinda 02.015-02.016 Pangkalan Universitas Mulawarman (UNMUL) Masa Bakti 2022-2025, secara resmi dilantik dan dikukuhkan. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Ruang Serbaguna lantai empat Rektorat UNMUL, Kamis (5/10/2023). Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Gerakan Pramuka Samarinda Pangkalan UNMUL 02.015-02.016, sedangkan para Wakil Rektor didaulat menjadi Wakil Ketua. Posisi sekretaris oleh Staf Khusus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, posisi bendahara oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan, dan sebagai anggota yaitu para Dekan bersama Staf Khusus Wakil Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang lainnya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim serta Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan bersama para Koordinator dan Sub Koordinator di bawah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Para Struktur kepengurusan Majelis Pembimbing Gugus Depan Pramuka Samarinda 02.015-02.016 Pangkalan UNMUL Masa Bakti 2022-2025 di lantik oleh Ketua Kwartir Kota Cabang Samarinda, Dr. H. Rusmadi. “Kita hadir bersama dalam rangka menyaksikan secara langsung pelantikan dan pengukuhan Majelis Pembimbing dan Pembina Gugus Depan Pangkalan UNMUL. Mudah-mudahan ini membawa kemajuan bagi gugus depan di UNMUL. Saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pak Rektor, Wakil Rektor dan seluruh jajaran yang telah memberikan perhatian kepada Pramuka. Pelantikan Majelis Pembimbing dan Pembina Gugus Depan di Pangkalan UNMUL ini membuktikan bahwa Pak Rektor beserta seluruh jajaran memberikan perhatian kepada Pramuka sebagai wadah pembinaan bagi mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ketua Kwartir Kota Cabang Samarinda, Dr. H. Rusmadi dalam sambutannya.

Kita masih ingat 62 tahun yang lalu, lanjut Dr. Rusmadi, Pramuka lahir melalui Keppres tahun 1961 adalah wadah sebagai pembinaan anak-anak muda yang berorientasi kepada pembinaan watak dan karakter. “Dengan berkembangan zaman pada saat kemudian dikhawatirkan adanya degradasi moral, munculnya paham-paham radikalisme, menurunnya patriotisme dan paham-paham kebangsaan. Ini menggaris bawahi bahwa Pramuka ini perlu perhatian dan memang diamanahkan oleh negara, bahwa Pramuka inilah diharapkan sebagai candradimuka dalam rangka pembinaan karakter bagaimana melahirkan anak-anak kita, anak muda khususnya yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Memiliki kepribadian semangat patriotisme kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila,” pinta Dr. Rusmadi.

Selain pelantikan dan pengukuhan Majelis Pembimbing, kepengurusan yang baru juga ikut dilantik dan dikukuhkan yaitu Pembina Gugus Depan Gerakan Pramuka Samarinda 02.015-02.016 Pangkalan UNMUL Masa Bakti 2022-2025.

Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., menyampaikan kita hadir semua disini dalam rangka acara yang sangat spesial dan sakral. “Saya yang baru saja dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing, sangat bersyukur yang tentu akan menjadikan sebuah wadah Gerakan Pramuka UNMUL agar bisa dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa kita untuk dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Tentu ini menjadi komitmen kita bersama baik untuk Majelis Pembimbing maupun maupun Pembina agar segera mengairahkan seluruh Sivitas Akademika khususnya mahasiswa UNMUL agar mereka bisa masuk menjadi anggota Pramuka Pangkalan UNMUL,” ungkap Prof. Abdunnur.

“Tentu ini kita tidak bisa lakukan sendiri tetap harus berkomunikasi dan berkoordinasi baik Kwartir Cabang Kota Samarinda maupun Kwartir Daerah Provinsi Kaltim. Kita harus membangun spirit, motivasi bahkan gairah bagi seluruh mahasiswa UNMUL, juga bagi dosen hingga tenaga kependidikan. Untuk  itu, bagaimana membangun Gerakan Pramuka di UNMUL bisa lebih eksis lagi kedepan. Wadah Pramuka, merupakan wadah untuk meningkatkan kemampuan skill, keterampilan. Sehingga ini yang harusnya bisa kita memberikan nilai kedepannya,” tegas Prof. Abdunnur. (hms/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 05 Oktober 2023

Universitas Mulawarman