Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Diinisiasi oleh OIKN, PT Tirta Investama Bersama UNMUL dan Didukung oleh ITM Serta PT. MHU Memulai Pembangunan Miniatur Hutan Hujan Tropis Yang di Resmikan Presiden di IKN Nusantara

Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo melakukan penanaman pohon dan meresmikan Miniatur Hutan Hujan Tropis (HHT) diinisiasi oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), PT. Tirta Investama bersama Universitas Mulawarman (UNMUL) dalam hal ini Fakultas Kehutanan (Fahutan) UNMUL dan didukung oleh ITM serta PT. MHU yang berlokasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada hari Rabu, 20 Desember 2023.

Presiden terlebih dahulu meninjau sejumlah fasilitas Miniatur Hutan Tropis. Selanjutnya, Presiden Jokowi didampingi para Menteri, Panglima TNI, Kapolri, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Kurator Pembangunan IKN, Pj. Gubernur Kaltim, Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng., dan Dekan Fakultas Kehutanan UNMUL, Prof. Dr. Rudianto Amirta, S.Hut., M.P., melakukan penanaman pohon bangkirai yang diikuti bersama PT. Tirta Investama, ITM, PT. MHU dan sejumlah masyarakat.

Miniatur Hutan Hujan Tropis tersebut merupakan sebuah tempat untuk menjadi living lab dalam pengembangan inovasi untuk melakukan reforestasi di IKN. Miniatur Hutan Hujan Tropis ini bertujuan sebagai sebuah living lab bagi berbagai pihak yang tertarik untuk mengembangkan inovasi-inovasi dalam upaya melakukan reforestasi dalam area yang dilindungi di Nusantara.

Sejumlah fasilitas yang ditinjau oleh Presiden dalam kunjungannya antara lain pusat informasi yang menjelaskan tentang ekosistem hutan tropis di Kalimantan. Yang pertama itu sebagai pusat informasi yang menjelaskan mengenai ekosistem hutan tropis di Kalimantan dan upaya-upaya untuk melakukan reforestrasi.

Lokasi lain yang ditinjau oleh Presiden adalah bangunan yang memuat sejumlah produk hasil hutan yang dikembangkan oleh masyarakat Kalimantan Timur. Produk hasil hutan yang ada di Kalimantan tidak hanya produk kayu saja, tetapi juga produk nonkayu.

Kemudian bangunan yang lain itu berisi berbagai macam produk-produk hasil hutan yang dikembangkan oleh warga masyarakat di Kalimantan Timur yang menunjukkan bahwa kekayaan hutan itu bukan hanya kayu tetapi berbagai macam hasil hutan nonkayu yang mempunyai nilai tambah ekonomi.

Selain itu, di sana juga terdapat persemaian transit yang berfungsi sebagai tempat adaptasi bibit tanaman sebelum proses penanaman di lingkungan IKN. Digunakan untuk memberikan kesempatan bibit tanaman dari Persemaian Mentawir untuk beradaptasi dulu sebelum nanti dilakukan penanaman.

Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng., mengucapkan terima kasih dan penghargaan disampaikan kepada Kepala Otorita IKN, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, Pimpinan PT Tirta Investama, Pimpinan ITM, Pimpinan PT. MHU, Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, Prof. Dr. Rudianto Amirta, S.Hut., M.P., beserta Tim Kerja dan seluruh jajaran atas inisiatif kerja sama dengan semua pihak untuk membangun miniatur Hutan Hujan Tropis (HHT) Nusantara yang berlokasi pada KIPP IKN dan diresmikan langsung oleh Presiden RI. (hms/zul)

Tanggal : 20 Desember 2023

Universitas Mulawarman