Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Dihadiri Ratusan Akademisi, FEB UNMUL Gelar FMI ke 11

Sebagai tuan rumah Forum Manajemen Indonesia (FMI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Mulawarman (UNMUL) sukses menggelar seminar nasional, call for paper serta pengabdian masyarakat. Sebagai Koordinator FMI Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltara), FEB UNMUL menyelenggarakan acara ini di Ballroom Hotel Bumi Senyiur, Kota Samarinda, Rabu, (06/11).

FMI dibentuk guna mewadahi para penyelenggara Program Studi Manajemen, akademisi, maupun non akademisi untuk sharing mengenai isu-isu yang berkembang dan dipergunakan untuk mengembangkan ilmu manajemen demi meningkatkan mutu penyelenggaraan Pendidikan Tinggi.

“FMI sebagai forum berskala nasional yang setiap tahun secara rutin melaksanakan kegiatan, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi pengembangan ilmu manajemen. Kegiatan FMI 11 ini diselenggarakan atas kerjasama Perguruan Tinggi Negeri, maupun Swasta di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara), Pemerintah Daerah, Perusahaan, BUMN, Perbankan serta institusi lainnya,” kata Ketua FMI Koordinator Kaltimtara sekaligus Ketua Panitia Acara, Dr. Hj. Rachmawati Thaha, SE., MM.

Dalam laporannya diatas podium, Dosen FEB UNMUL itu menyampaikan, kegiatan ilmiah ini merupakan rangkaian dari acara yang sebelumnya sudah dilakukan tahun 2018 di Kota Palembang dan tahun ini berhasil terlaksana di Kota Samarinda dengan FEB UNMUL yang ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan.

“Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada semua unsur yang sudah berhasil menyelenggarakan acara ini. FMI 11 kali ini akan dimulai dengan Seminar Nasional dengan tema “Making Indonesia 4.0: Green Business Management and Social Enterprise. Diikuti sebanyak 469 peserta dari 600 paper yang submit,” ujarnya.

FMI ke 11 tambahnya, mengadakan pula sesi parallel session call of paper yang terdiri dari 465 presenter dengan tujuh topik. Acara diisi pula aktivitas pengabdian pada masyarakat dilakukan di Kota Tenggarong dan Kota Samarinda yang diikuti 319 peserta. “Kami ucapkan apresiasi setingginya atas terjalinya kerjasama dari beberapa perguruan tinggi sebagai Co-Host yaitu, 20 Co-Host.,” tambahnya.

Dekan FEB UNMUL, Prof. Dr. Hj. Syarifah Hudayah, SE., M.Si menyatakan, FMI merupakan suatu sarana untuk menghasilkan suatu kolaborasi dengan tujuan menghasilkan kerangka pemikiran, ide – ide, dan berbagi pengetahuan terkini.

“Kegiatan ini menjadi salah satu wujud nyata kepedulian FEB UNMUL terhadap perkembangan penelitian dan pengabdian masyarakat, khususnya di bidang manajemen. Kegiatan FMI-11 Samarinda diharapkan menjadi sarana yang efektif untuk knowledge sharing, seminar, workshop, desiminasi hasil-hasil penelitian, serta Pengabdian Kepada Masyarakat khususnya dalam bidang ilmu manajemen,” harapnya.

Sebelum membuka acara, profil singkat UNMUL dipaparkan oleh Rektor UNMUL, Prof Dr. H. Masjaya, M.Si. Dalam kesempatan itu dirinya menginformasikan kepada para peserta bahwa fungsi keilmuan manajemen adalah mengatur berbagai aktivitas sehingga bisa berjalan baik dan berfungsi sesuai tujuan.

“Agenda akademik hari ini memliliki esensi utama adalah semua hasil kajian dan diskusi yang dilakukan hari ini akan memberikan manfaat bagi pembangunan bangsa. Terpilihnya Kaltim sebagai Ibukota Negara sudah barang tentu, Perguruan Tinggi secara khusus akan memberi andil dan FMI menentukan arah ke depan,” tegasnya.

Rektor juga berpesan, FMI tidak hanya melakukan kegiatan rutinitas saja, melainkan FMI dapat memberikan realisasi kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat.”Selamat datang di UNMUL dan selamat datang di Ibukota Negara Republik Indonesia,” serunya.

Sebagai moderator, Prof. Dr. H. Dwi Nugroho Hidayanto, M.Pd memandu seminar dengan pola diskusi panel dengan pembicara Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahudin, MEM Deputi kordinator perekonomian bidang Kreatif, Marsekal Muda TNI Dr. Sungkono,SE, M.Si, Deputi Pengembangan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas), Vice Coorporate Secretary Kompas TV, Deddy Risnanto, juga hadir CEO dan Founder Motoran, Ranggaswara Prasetya  dan Ketua FMI Nasional, Drs. Sri Gunawan,  M.Com., DBA. (hms/frn)

 

Foto: Firdan Farezal

 

Tanggal : 06 November 2019

Universitas Mulawarman