Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Di UTBK 2020 Ada Kelompok Ujian Campuran

Rabu (11/12), Tim Universitas Mulawarman (UNMUL) melanjutkan Sosialisasi dan Promosi Masuk PTN Tahun 2020 di Kabupaten Paser. Tepatnya di SMA N 1 Tanah Grogot. Kegiatan ini dihadiri para perwakilan kepala sekolah, guru, dan siswa SMA/SMK/MA se-Kabupaten Paser.

“Kami berharap para peserta yang hadir dapat mengikuti sosialisasi ini hingga selesai dan bisa memberikan informasi kepada teman-teman yang lain. Gunakan kesempatan ini dengan baik agar bisa masuk ke perguruan tinggi lebih optimal,” ucap Ketua MKKS Paser, Waluyo Adi Saputro, M.M.

“Disini ada 50 Sekolah SMA/SMK/MA dengan kurang lebih 4.000 siswa yang akan lulus tahun ini. Untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada tim UNMUL yang berkenan hadir memberikan informasi yang sangat diperlukan bagi kami di Paser,” tambah Waluyo dalam sambutannya.

Sementara, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNMUL Drs. La Hasan, M.Si mengatakan sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya. Namun tahun ini kami laksanakan lebih awal karena sesuai dengan aturan dan ketetapan yang telah diatur oleh panitia pusat.

“Ada perbedaan untuk pelaksanakaan UTBK. Tahun ini dari segi pelaksanaan ujian UTBK akan dilaksanakan tujuh hari mulai dari senin sampai minggu dengan 14 sesi. Mengenai pilihan ujian, tahun ini juga ada penambahan selain saintek dan soshum, yakni campuran,” jelasnya.

“Untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum peserta membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN sebesar Rp. 200.000. Sementara untuk kelompok ujian Campuran, sebesar Rp. 300.000,” imbuh Drs. La Hasan.

Senada dengan hal tersebut, staf IT Akademik UNMUL Isai Julianto Mangele, S.Kom menjelaskan pelaksanaan UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA). “Jadi Jika siswa memilih prodi Saintek maka ia akan mengikuti TPS dan TPA Saintek. Begitupun juga jika ia memilih prodi Soshum, maka ujiannya TPS dan TKA Soshum. Tapi jika siswa memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum), maka ia akan mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum,” urainya.

Untuk diketahui, bagi calon peserta UTBK diwajibkan melakukan registrasi akun LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id mulai dari 7 Februari hinga 5 April 2020 mendatang. (hms/rob)

Foto : Robby Adhitya

Berita Terkait :

UNMUL Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN di Kota Samarinda

Pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 : Wajib Miliki Akun LTMPT

 

Tanggal : 11 Desember 2019

Universitas Mulawarman