Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Di UNMUL, PT Pegadaian Bangun The Gade Creative Lounge Pertama di Kalimantan

Bertambah lagi fasilitas penunjang kegiatan akademik maupun non akademik di Kampus Universitas Mulawarman (UNMUL) sebagai sarana melahirkan berbagai ide kreatif. Adalah The Gade Creative Lounge (TGCL) yang rampung dibangun di Lantai Dua Gedung Perpustakaan, Jalan Kuaro, Kampus Gunung Kelua, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepastian tersebut terwujud saat dilakukan peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti secara digital dan pengguntingan untaian bunga melati yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Provinsi Kaltim, H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si bersama Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU dan Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan, PT Pegadaian, Eka Pebriansyah disaksikan para tamu undangan. Selasa, (12/09).

Eka Pebriansyah saat memberikan sambutannya, menyatakan The Gade Creative Lounge adalah bentuk Corporate Sosial Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan (TJSP). Dijelaskannya, The Gade Creative Lounge yang ada di kampus, merupakan wadah bagi mahasiswa untuk beraktifitas dan mengembangkan diri.

TGCL di UNMUL lanjutnya, merupakan kampus ke 12 di Indonesia sekaligus Perguruan Tinggi Negeri pertama di Pulau Kalimantan yang memiliki TGCL lengkap dengan fasilitas penunjang di dalamnya.

“Direncanakan akan ada dua lagi TGCL, yaitu di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat. Namun begitu, untuk tampilan fisik di UNMUL berbeda atau lebih spesial yakni adanya fasilitas untuk disabilitas dan memiliki ruangan PodCast,” katanya.

Bukan hanya sarana fisik, namun ke depan harapannya TGCL mampu menjadi wadah produktif melahirkan ide – ide kreatifitas dan inovasi," jelasnya seraya menambahkan bahwa PT Pegadaian akan konsisten melakukan tanggungjawab sosialnya kepada masyarakat dan pemangku kepentingan.

“Kami sangat mengharapkan bahwa dengan adanya TGCL ini menjadi tempat berkumpul mahasiswa melakukan diskusi guna melahirkan ide – ide inovatif ke depannya. Nantinya kami juga sangat terbuka terhadap inovasi dari Kampus. Kita bisa berkolaborasi yang menarik minat dan bakat mahasiswa,” tegasnya.

Mantan Pemimpin Wilayah Kantor Wilayah Palembang & Balikpapan itu juga menginginkan kerja sama dengan UNMUL dapat berkelanjutan dan kegiatan sosial PT Pegadaian di UNMUL bukan hanya sesaat dan memberikan dampak positif bagi lingkungan.  

Rektor menyambut baik peresmian TGCL di UNMUL, perusahaan BUMN ini juga diyakininya mampu menyelesaikan masalah dengan inisiatif, kreatif, inovatif dan entrepreneurship.

“Atas nama pimpinan UNMUL menyampaikan terima kasih atas kerja sama PT Pegadaian dan UNMUL salah satunya dengan menghadirkan The Gade Creative Lounge. Ruang ini ada di UNMUL sebagai media bagi semua sivitas akademika khususnya mahasiswa. Fasilitas baru di UNMUL ini pula sebagai add value sebuah kemajuan universitas yang diwujudkan melalui PT Pegadaian,” ujarnya.

Prof. Abdunnur juga berpesan pada acara tersebut, TGCL dapat dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya juga menjadi tempat khusus di Kampus yang menunjukan sebuah tolak ukur kemajuan sarana prasarana di UNMUL.

“Melalui sinergi dengan mitra kerja untuk menghasilkan sumber daya manusia berupa lulusan terbaik yang memiliki kemampuan ilmu pengetahuan teknologi yang tinggi namun juga memiliki skill dan kemampuan kreatif dan inovatif serta memiliki jiwa entrepreneurship,” tambah Rektor.

Setelah seremonial peresmian rampung dilakukan, PT Pegadaian di hari yang sama menggelar pula Talkshow bertema “Pentingnya Perencanaan dan Persiapan dalam Menghadapi Dunia Kerja” yang menghadirkan Hermawan Aries Andi, Kepala Satuan Pengawasan Intern, PT. Pegadaian dan Kepala Pusat Studi IKN dan SDGs, Ir. Hj. Masayu Widiastuti., MT sebagai narasumber.

 

Foto: Hartanto

File Terkait:

PT. Pegadaian Akan Bangun Creative Lounge di Kampus UNMUL

Tanggal : 12 September 2023

Universitas Mulawarman